Zulvita Qomariana, Zulvita Qomariana (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2015/2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Cover Laporan.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
1 Kata Pengantar.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
2 Daftar Isi.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
3 Abstrak.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
4 BAB I, II, III.pdf Download (341kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa program pendidikan. Kegiatan PPL ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran, manajerial dan teknik mengajar di sekolah atau lembaga lainnya dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang mempunyai nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan. Kegiatan PPL ini juga bertujuan untuk mengasah empat (4) kompetensi guru yang meliputi kompetensi pedagodis, kepribadian, sosial dan profesional. Kegiatan PPL ini dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015 di SMK Muhammadiyah 1 Tempel pada tahun ajaran 2015/2016. Kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa dalam pelaksanaan PPL meliputi observasi, praktik yang berkaitan dengan pembelajaran maupun non pembelajaran, serta kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan sekolah. Kegiatan PPL ini diawali dengan kegiatan observasi baik di lingkungan sekolah maupun di dalam kelas. Praktik mengenai kegiatan pembelajaran meliputi pencarian sumber dan materi belajar, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan pembuatan media pembelajaran, pembuatan modu mata pelajaran, belajar mengajar di kelas, pembuatan soal-soal evaluasi, dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran kepada siswa. Kegiatan non pembelajaran meliputi upacara bendera, piket guru dan perpustakaan, pengelolaan administrasi perpustakaan, membantu persiapan akreditasi sekolah, konsultasi dengan guru pembimbing, pengadaan papan strukturisasi sekolah, perlombaan aksara jawa dan kebersihan kelas, dan lain sebagainya Hasil dari pelaksanaan program PPL ini, yaitu mahasiswa dapat menerapkan ilmu pengetahuan dengan teori dan praktik khususnya dalam bidang pendidikan. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan mahasiswa dapat berjalan dengan baik dan lancar, namun dalam pelaksanaannya tetap masih ada beberapa hambatan yang muncul. Hambatan tersebut antara lain dalam kegiatan belajar mengajar siswa seringkali sulit dikendalikan sehingga pembelajaran kurang berjalan efektif, serta terjadi hambatan dalam pengelolaan waktu. Hambatanhambatan tersebut dapat teratasi karena mahasiswa selalu berusaha untuk meminimalisir hambatan yang terjadi sehingga kegiatan PPL tetap dapat berjalan baik dan lancar.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, kegiatan, mahasiswa, pembelajaran |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 06:29 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:54 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36639 |
Actions (login required)
View Item |