LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN BIMBINGAN DAN KONSELING SMP NEGERI 2 NGAGLIK Periode 10 Agustus 2015 – 12 September 2015

ANNISA SEKAR JASMINE, ANNISA SEKAR JASMINE (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN BIMBINGAN DAN KONSELING SMP NEGERI 2 NGAGLIK Periode 10 Agustus 2015 – 12 September 2015. laporan ppl.

[img]
Preview
Text
1. Cover Laporan jasmine.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan, Kata Pengantar, Daftar Isi, Abstrak jasmine.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I - III jasmine.pdf

Download (546kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Bimbingan dan Konseling di sekolah merupakan salah satu kegiatan latihan yang bersifat intrakurikuler. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMP Negeri 2 Ngaglik mulai tanggal 10 Agustus s/d 12 September 2015. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatan ketrampilan, pemahaman aspek kependidikan dan pemberian berbagai bentuk program layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah yang professiona pada setiap mahasiswa khususnya jurusan Bimbingan dan Konseling. Kegiatan PPL tersebut dapat digunakan sebagai bekal mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga pembimbing dan pendidik yang profesional. Pengalaman yang diperoleh praktikan selama pelaksanaan PPL ini meliputi pengalaman pemberian layanan bimbingan dan konseling khususnya bimbingan klasikal sebanyak 10 kali meliputi bimbingan sosial, pribadi, belajar dan karir. Praktikan juga mendapatkan pengetahuan baru mengenai pengelolaan administrasi BK seperti Daftar Cek Masalah (DCM) dan Sosiometri. Selain itu praktikan juga memperoleh pengalaman lain seperti konseling individu, konseling kelompok, bimbingan kelompok, dan juga Home Visit. Melalui pengalaman-pengalaman tersebut praktikan menjadi mengerti dan dituntut untuk terampil dalam mengerjakan kegiatan administrasi sekolah khususnya BK. Selain itu praktikan juga belajar bersosialisasi, berinteraksi dan bekerja sama dengan seluruh guru maupun karyawan yang ada di SMP Negeri 2 Ngaglik. Dalam hal tersebut praktikan belajar untuk menjadi seorang konselor yang profesional. Dalam melaksanakan kegiatan PPL, baik kelompok maupun individu penyusun berusaha sebaik mungkin dalam menjalankan tugas dan berusaha menjalin kerjasama dengan semua pihak yang terkait demi kelancaran proses PPL tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2015, SMPN 2 Ngaglik
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 18 Jul 2016 06:27
Last Modified: 18 Jul 2016 06:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36638

Actions (login required)

View Item View Item