Anik Puji Rahayu, Anik Puji Rahayu (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGAJARAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2015/2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Laporan PPL Anik Puji Rahayu.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program yang terintegrasi untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa program pendidikan sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa melaksanakan tugas-tugas kependidikan, dalam hal ini guru atau tenaga pendidik yang meliputi kegiatan praktik mengajar, dan kegiatan kependidikan lainnya. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 8 kali yang dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Praktik mengajar terbimbing ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL ini meliputi tiga tahap yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan analisis hasil. Tahapan persiapan PPL meliputi Micro Teaching, pembekalan PPL, observasi sekolah, mengumpulkan materi ajar, mempelajari silabus dan menyusun RPP. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing dan ujian. Tahap analisis hasil berisi hasil, hambatan, solusi, dan refleksi. Pelaksanaan program PPL di SMP Negeri 2 Ngaglik ini berjalan dengan baik, meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, tetapi semua itu mampu teratasi berkat kerjasama yang baik antara mahasiswa PPL dan pihak sekolah. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah ini. Setelah kegiatan PPL selesai, praktikan mendapatkan banyak pengalaman nyata dan pemahaman bahwa menjadi seorang guru bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Mengingat tugas guru sebagai pendidik yang dituntut untuk mampu mencetak generasi masa depan bangsa yang cerdas bukanlah suatu hal yang mudah, melainkan banyak tantangan yang harus di hadapi. Bahkan jika di bandingkan dengan profesi dokter, profesi guru lebih berat dengan segala tanggung jawab dan beban yang diembannya
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, Praktik Mengajar Terbimbing |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 06:23 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36636 |
Actions (login required)
View Item |