LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi: SMP NEGERI 1 CANGKRINGAN Watuadeg, Wukirsari, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta 10 Agustus-12 September 2015

Heru Setiawan, Heru Setiawan (2015) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi: SMP NEGERI 1 CANGKRINGAN Watuadeg, Wukirsari, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta 10 Agustus-12 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PJKR_12601244134_Heru Setiawan.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan pelatihan kependidikan yang dilakukan oleh mahasiswa kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Mata kuliah ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam pengalaman mengajar disekolah. Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Bab V Pasal 26 Ayat 4 menyatakan bahwa “Standar kompetensi kelulusan pada jenjang pendidikan tinggi bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang berakhlak mulia, memiliki pengetahuan, keterampilan, kemandirian, dan sikap menemukan, mengembangkan, serta menerapkan ilmu, teknologi, dan seni, yang bermanfaat bagi kemanusiaan”. Penyelenggaraan Mata Kuliah PPL juga mengacu pada Undang-undang Guru dan Dosen nomor 14 tahun 2005, berkenaan dengan empat kompetensi guru, yaitu: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Tujuan dari pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yaitu: memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang kependidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari permasalahan disekolah terkait dengan proses pembelajaran, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang telah dipelajari dalam kegiatan pembelajaran disekolah. Pelaksanaan program-program yang telah dijalankan diharapkan dapat memberi manfaat bagi pihak sekolah, dan mahasiswa untuk pengembangan kompetensinya. Oleh karena itu, perlu adanya komitmen yang tinggi dari semua pihak yang terkait sesuai dengan tanggung jawab masing-masing. Adanya kerja sama, kerja keras, disiplin, akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan baik. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat terciptanya tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Jul 2016 05:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36630

Actions (login required)

View Item View Item