PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA TEORI MESIN BUBUT KONVENSIONAL DENGAN SOFTWARE MICROSOFT OFFICE POWERPOINT DI SMK N 2 KLATEN

ARIS AGUS , SANTOSO (2011) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA TEORI MESIN BUBUT KONVENSIONAL DENGAN SOFTWARE MICROSOFT OFFICE POWERPOINT DI SMK N 2 KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (Document)
MEDIA_DEVELOPMENT_IN_LEARNING_THEORY_OF_CONVENTIONAL__LATHE_MACHINE_WITH_MICROSOFT_OFFICE_POWER_POINT_SOFTWARE_IN_VOCATIONAL_SCHOOL_2_KLATEN.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan, (1) memanfaatkan software Microsoft Office Powerpoint untuk metode pembelajaran pada teori mesin bubut konvensional kelas XI kompetensi keahlian teknik pemesinan, (2) mendeskripsikan bagaimana kelayakan media pembelajaran dengan software Microsoft Office Powerpoint pada teori mesin bubut konvensional kelas XI, (3) mengetahui efektivitas media pembelajaran dengan software Microsoft Office Powerpoint pada teori mesin bubut konvensional kelas XI. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) karena dalam penelitian ini menghasilkan produk yaitu media pembelajaran dan kemudian menguji keefektifan produk tersebut. Desain pengembangan media pembelajaran ini melalui beberapa tahap, yaitu: (1) pemilihan software, (2) pengembangan desain tampilan media, (3) implementasi desain media, dan (4) assembly. Dari tahapan pengembangan desain media yang dilakukan, diperoleh urutan tampilan media yang dimulai dari halaman intro, halaman menu utama, halaman petunjuk, halaman materi, halaman evaluasi dan halaman profil pengembang. Tiap halaman tersebut dihubungkan dengan menggunakan tombol-tombol penghubung. Media pembelajaran teori mesin bubut konvensional ini dikemas dalam bentuk CD pembelajaran. Sebagai uji kelayakan media, instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah kuesioner, sedangkan teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan statistik deskriptif yang diungkapkan dalam distribusi skor skala lima (skala Likert) terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Pengujian efektivitas produk media pembelajaran menggunakan metode pre-test & post-test dengan bentuk soal tes tertulis pilihan ganda. Pemanfaatan software Microsoft Office Powerpoint layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran teori mesin bubut konvensional. Hal ini didasarkan pada hasil validasi ahli dan hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil validasi ahli materi mendapat rerata skor 3,58 pada skor skala lima (1sampai dengan 5) termasuk dalam kriteria “Baik”. Hasil validasi ahli media mendapat rerata skor 4,07 pada skor skala lima termasuk dalam kriteria “Baik”. Sedangkan hasil uji coba kelompok kecil mendapat rerata skor 3,92 pada skor skala lima termasuk dalam kriteria “Baik”, dan uji coba kelompok besar mendapat rerata skor 4,21 pada skor skala lima termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”. Hasil pengujian efektivitas produk media pembelajaran menunjukkan rata-rata nilai pre-test sebesar 50,17 kemudian pada post-test rata-rata nilainya naik menjadi 69, sehingga terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 37,53 persen.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:50
Last Modified: 29 Jan 2019 15:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3663

Actions (login required)

View Item View Item