Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Model Susan Loucks- Horsley terhadap Scientific Literacy serta Communication and Collaboration Skills Peserta Didik SMP

Muiz, Abdul (2016) Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Model Susan Loucks- Horsley terhadap Scientific Literacy serta Communication and Collaboration Skills Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-abdul-muiz-14708259023.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh pembelajaran IPA berbasis model Susan Loucks-Horsley terhadap scientific literacy serta communication and collaboration skills peserta didik SMP di Kota Banjarmasin, (2) pengaruh pembelajaran IPA berbasis model Susan Loucks-Horsley terhadap scientific literacy peserta didik SMP di Kota Banjarmasin dan (3) pengaruh pembelajaran IPA berbasis model Susan Loucks-Horsley terhadap communication and collaboration skills peserta didik SMP di Kota Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan populasi peserta didik SMP di Kota Banjarmasin yang merupakan pilot project implementasi Kurikulum 2013. Sampel peserta didik diambil dari tiga sekolah yaitu SMPN 6 Banjarmasin yang mewakili sekolah kategori tinggi, SMPN 1 Banjarmasin yang mewakili sekolah kategori sedang, dan SMPN 13 Banjarmasin yang mewakili sekolah kategori rendah. Penentuan peserta didik yang masuk mkelas eksperimen dan kontrol pada masing-masing sekolah dilakukan dengan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data terkait aspek scientific literacy diukur dengan tes, sedangkan data communication and collaboration skills diambil dengan teknik observasi. Data penelitian dianalisis secara statistik dengan Uji Manova dan U Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembelajaran IPA berbasis model Susan Loucks-Horsley memberikan pengaruh yang signifikan terhadap scientific literacy serta communication and collaboration peserta didik SMP pada semua sekolah; 2) pembelajaran IPA berbasis model Susan Loucks-Horsley memberikan pengaruh yang signifikan terhadap scientific literacy peserta didik SMP pada sekolah dengan kategori tinggi dan rendah; 3) pembelajaran IPA berbasis model Susan Loucks-Horsley memberikan pengaruh yang signifikan terhadap communication and collaboration skills peserta didik SMP pada semua kategori sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPA, model Susan Loucks-Horsley, scientific literacy, communication and collaboration skills
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:17
Last Modified: 09 May 2019 07:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36617

Actions (login required)

View Item View Item