Faktor-faktor yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha Siswa SMK di Kabupaten Sleman

Sari, Febrina Ratna (2016) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha Siswa SMK di Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-febrina-ratna-sari.14719251006.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi intensi berwirausaha siswa SMK di Kabupaten Sleman Program Studi Keahlian Manajeman-Bisnis. Jenis penelitian ini adalah explanatory yang menggunakan desain penelitian asosiatif dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket terhadap subjek penelitian. Berdasarkan sifatnya, pendekatan penelitian ini dapat digolongkan ke dalam penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 778 siswa dan sampel sebanyak 258 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan teknik regresi ganda. Hasil uji hipotesis menemukan bahwa variabel kebutuhan akan berprestasi berpengaruh positif terhadap intensi berwirausaha dengan t-hitung sebesar 57,495 (sig.0,000). Begitu pula kreatifitas dengan t-hitung sebesar 28,796 (sig.0,000); kemandirian dengan t-hitung sebesar 48,918 (sig. 0.000); keberanian mengambil risiko dengan t-hitung sebesar 16,751 (sig.0,000); toleransi keambiguan dengan t- hitung sebesar 17,322 (sig. 0,000); pengaruh orang tua dengan t-hitung sebesar 16,465 (sig.0,000) dan self efficacy dengan t-hitung sebesar 24,767 (sig.0,000) berpengaruh positif terhadap intensi berwirausaha. Pada uji F menemukan variabel kebutuhan akan berprestasi, kreatifitas, kemandirian, keberanian mengambil risiko, toleransi keambiguan, pengaruh orang tua dan self efficacy secara simultan berpengaruh positif terhadap intensi berwirausaha dengan nilai 697,712 dan sig.0,000. Dalam penelitian dilihat dari nilai beta 0,201 dan R square 0,927 atau 92,6% maka variabel kebutuhan akan berprestasi merupakan prediktor paling dominan yang mempengaruhi intensi berwirausaha siswa SMK di Kabupaten Sleman. Dalam penelitian ini diharapkan orang tua, keluarga umumnya, perlu memberikan dorongan dan motivasi baik berupa moril maupun material kepada anaknya untuk meningkatkan kreativitas dan menanamkan kemandirian agar anak mempunyai minat dan motivasi untuk berwirausaha. Untuk sekolah, para guru umumnya serta guru mata diklat kewirausahaan agar memberikan materi pelajaran dan metode belajar yang sesuai untuk meningkatkan kreativitas dan kemandirian siswa agar siswa lebih termotivasi

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kebutuhan akan berprestasi, kreatifitas, kemandirian, keberanian mengambil risiko, toleransi keambiguan,pengaruh orang tua, self efficacy, intensi berwirausaha
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:11
Last Modified: 09 May 2019 07:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36616

Actions (login required)

View Item View Item