Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Peserta Didik dengan Pendekatan Inkuiri

Anjarsari, Putri (2012) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Peserta Didik dengan Pendekatan Inkuiri. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-putri-anjarsari-10708251030.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan perangkat pembelajaran menggunakan pendekatan inkuiri dalam pembelajaran IPA di SMP, (2) peningkatan keterampilan proses peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran IPA terpadu dengan pendekatan inkuiri, serta (3) peningkatan sikap ilmiah peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran IPA terpadu dengan pendekatan inkuiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Langkah tersebut meliputi studi pendahuluan, perencanaan, penyusunan draft perangkat pembelajaran dan validasi, uji coba terbatas, evaluasi dan revisi, uji coba lapangan menggunakan kelas kontrol dan eksperimen, revisi uji coba lapangan menjadi produk akhir. Subjek coba pada penelitian ini adalah peserta didik SMP N 1 Banguntapan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi perangkat, angket, lembar observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan (silabus, RPP, dan LKPD) berdasarkan hasil validasi ahli, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan (kelas kontrol dan eksperimen) telah sesuai dengan pendekatan inkuiri dan dapat meningkatkan keterampilan proses serta sikap ilmiah peserta didik, sehingga layak dari segi teoritis maupun empiris., (2) pembelajaran menggunakan perangkat hasil pengembangan dapat meningkatkan keterampilan proses, meliputi: keterampilan mengamati, menyusun hipotesis, meyimpulkan, dan mengkomunikasikan., (3) pembelajaran menggunakan perangkat hasil pengembangan dapat meningkatkan sikap ilmiah peserta didik, meliputi: sikap ingin tahu, respek terhadap data, dan refleksi kritis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, pendekatan inkuiri, keterampilan proses, sikap ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:37
Last Modified: 29 Jan 2019 08:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36614

Actions (login required)

View Item View Item