Pengaruh Model Pembelajaran Servant Leadership Learning (SLL) dengan Concept Mapping (CM) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis (Critical Thinking) Siswa Kelas X SMA Kolese De Britto Yogyakarta

Nugroho, Robertus Arifin (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Servant Leadership Learning (SLL) dengan Concept Mapping (CM) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis (Critical Thinking) Siswa Kelas X SMA Kolese De Britto Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-robertus-arifin-nugroho-14725251003.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Servant Leadership Learning dengan strategi Concept Mapping (SLL+CM) terhadap kemampuan pemahan konsep siswa kelas X SMA Kolese De Britto Yogyakarta, (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran Servant Leadership Learning dengan strategi Concept Mapping (SLL+CM) terhadap kemampuan dan berpikir kritis (critical thinking) siswa kelas X SMA Kolese De Britto Yogyakarta. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain nonequivalent subject, control group-pretest posttest design. Pendekatan ini menggunakan tiga kelas eksperimen, yaitu kelas SLL+CM, kelas SLL, kelas CM, dan satu kelas kontrol menggunakan pendekatan konvensional. Populasi infinite siswa kelas X yang terbagi dalam 7 kelas. Sampel menggunakan 4 kelas dengan penarikan sampling teknik samples of convenience. Sungai Gajah Wong digunakan sebagai objek utama pembelajaran. Untuk menguji pengaruh model pembelajaran digunakan uji Analysis of Covariance (ANCOVA) dengan asumsi dasar normalitas, homogenitas, dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran Servant Leadership Learning dengan strategi Concept Mapping (SLL+CM) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, (2) model pembelajaran Servant Leadership Learning dengan strategi Concept Mapping (SLL+CM) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran Servant Leadership Learning, Concept Mapping, pemahaman konsep, berpikir kritis siswa
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Jul 2016 03:57
Last Modified: 09 May 2019 07:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36613

Actions (login required)

View Item View Item