Profesionalisme Guru SMK Bidang Keahlian Teknik Otomotif Di Kabupaten Klaten

Rozaq, Fadli (2016) Profesionalisme Guru SMK Bidang Keahlian Teknik Otomotif Di Kabupaten Klaten. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fadli-rozaq-13702251060.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) profesionalisme guru SMK bidang keahlian teknik otomotif di Kabupaten Klaten; (2) pengaruh kinerja mengajar guru terhadap profesionalisme guru SMK bidang keahlian teknik otomotif di Kabupaten Klaten; (3) pengaruh motivasi kerja guru terhadap profesionalisme guru SMK bidang keahlian teknik otomotif di Kabupaten Klaten; (4) pengaruh pengalaman mengajar guru terhadap profesionalisme guru SMK bidang keahlian teknik otomotif di Kabupaten Klaten; dan (5) pengaruh kinerja mengajar guru, motivasi kerja guru, dan pengalaman mengajar guru secara bersama-sama terhadap profesionalisme guru SMK bidang keahlian teknik otomotif di Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK se-Kabupaten Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar pada program keahlian Teknik Otomotif di SMK se-Kabupaten Klaten sejumlah 234 guru dari 25 sekolah. Teknik sampling yang digunakan yaitu propotional random sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 123 guru. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi ganda. Hasil penelitian ini yaitu: (1) profesionalisme guru SMK bidang keahlian teknik otomotif di Kabupaten Klaten dalam kategori sangat tinggi; (2) ada pengaruh kinerja mengajar guru terhadap profesionalisme guru SMK bidang keahlian teknik otomotif di Kabupaten Klaten (t = 6,071, sig = 0,000); (3) ada pengaruh motivasi kerja guru terhadap profesionalisme guru SMK bidang keahlian teknik otomotif di Kabupaten Klaten (t = 2,731, sig = 0,007); (4) tidak ada pengaruh pengalaman mengajar guru terhadap profesionalisme guru SMK bidang keahlian teknik otomotif di Kabupaten Klaten (t = -1,928, sig = 0,056); dan (5) ada pengaruh kinerja mengajar guru, motivasi kerja guru, dan pengalaman mengajar guru secara bersama-sama terhadap profesionalisme guru SMK bidang keahlian teknik otomotif di Kabupaten Klaten ( F = 24,040, sig = 0,000)

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme guru, SMK
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Jul 2016 03:52
Last Modified: 24 Aug 2022 07:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36612

Actions (login required)

View Item View Item