Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa.

Suningrat, Yuni (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yuni-suningrat-12708251052.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran biologi berbasis multiple intelligences materi sistem pernapasan untuk kelas XI SMA, (2) mengetahui kriteria kualitas perangkat pembelajaran biologi berbasis multiple intelligences materi sistem pernapasan untuk kelas XI SMA, dan (3) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran biologi berbasis multiple intelligences materi sistem pernapasan untuk kelas XI SMA dalam meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Dick & Carey yang dimodifikasi menjadi empat tahapan yaitu: (1) tahap analisis kebutuhan, (2) tahap desain produk, (3) tahap pengembangan dan validasi, dan (4) tahap uji coba produk. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli, dua guru biologi SMA, dan tiga peer reviewer. Penelitian dilakukan di MAN Yogyakarta II dengan subjek uji coba terbatas yaitu 10 siswa kelas XI IPA 2 MAN Yogyakarta II dan subjek uji coba diperluas yaitu 22 siswa kelas XI IPA 1 MAN Yogyakarta II. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa lembar angket dan soal pretest-posttest. Data hasil validasi dikonversi menjadi skala 4. Data keefektifan produk terhadap motivasi belajar dan penguasaan konsep dianalisis dengan menentukan gain standar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) karakteristik dari perangkat pembelajaran biologi berbasis multiple intelligencesmateri sistem pernapasan untuk kelas XI SMA adalah kegiatan pembelajaran yang disesuaikan dengan tiga jenis inteligensi siswa yang menonjol, (2) perangkat pembelajaran biologi berbasis multiple intelligencesmateri sistem pernapasan untuk kelas XI SMA layak digunakan dalam pembelajaran biologi, dan (3) perangkat pembelajaran berbasis multiple intelligencesmateri sistem pernapasan untuk kelas XI SMAefektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar sisw

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, multiple intelligences, pemahaman konsep, motivasi belajar siswa
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Jul 2016 03:46
Last Modified: 09 May 2019 07:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36610

Actions (login required)

View Item View Item