Pengembangan Majalah Fisika Elektronik Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Fisika

Sumaryanto, Arif Eko (2016) Pengembangan Majalah Fisika Elektronik Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Fisika. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arif-eko-sumaryanto-14726251005.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk pengembangan majalah fisika elektronik berbasis masalah sebagai media dan sumber belajar fisika, (2) memenuhi kriteria kelayakan majalah fisika elektronik berbasis masalah agar dapat digunakan sebagai media pembelajaran fisika, (3) menguji keterlaksanaan penggunaan majalah fisika elektronik berbasis masalah sebagai media pembelajaran fisika, dan (4) mengetahui peningkatan kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah menerapkan majalah fisika elektronik berbasis masalah. Jenis penelitian adalah research & development (R&D). Penelitian mengembangkan media pembelajaran menggunakan model 4-D (four D model). Pengembangan media tersebut dimulai dari tahap studi pendahuluan, desain produk, uji ahli dan praktisi, ujicoba terbatas dan ujicoba lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar observasi pengelolaan pembelajaran, lembar respon siswa, lembar wawancara guru dan lembar tes hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Banguntapan. Responden dalam penelitian ini sebanyak 57 orang, yang terdiri dari 7 orang validator, 10 orang siswa pada uji coba terbatas dan 40 orang siswa pada uji coba lapangan dengan rincian 20 orang siswa pada kelas eksperimen dan 20 orang siswa pada kelas kontrol. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran yang terdiri dari majalah fisika elektronik, RPP, dan penilaian hasil belajar khususnya kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah. Hasil validasi menunjukkan media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan. Hasil uji coba menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan. Pembelajaran berdasarkan hasil pretest dan posttest pada uji coba lapangan yang dilakukan mengalami peningkatan yaitu 33,4 poin dari nilai rata-rata pretest sebesar 42,8 dan nilai rata-rata posttest sebesar 76,2

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: majalah fisika elektronik berbasis masalah, keterampilan proses sains dan kemampuan pemecahan masalah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Jul 2016 03:33
Last Modified: 09 May 2019 07:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36606

Actions (login required)

View Item View Item