Ambarwati, Wulan (2016) Perbedaan Penggunaan Video dan Kartu Acak dengan Gambar dan LKS terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pengalaman Siswa Kelas V SD Negeri Panggang. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-wulan-ambarwati-13712251028.swf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) perbedaan penggunaan video dan kartu acak dengan gambar dan LKS terhadap keterampilan menulis cerita pengalaman siswa kelas V SD Negeri Panggang, dan (2) keefektifan penggunaan video dan kartu acak dibandingkan dengan gambar dan LKS terhadap keterampilan menulis siswa kelas V SD Negeri Panggang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest. Variabel bebas penelitian ini adalah video dan kartu acak, dan variabel terikatnya adalah keterampilan menulis cerita pengalaman. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Bambanglipuro. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB SD Negeri Panggang. Pengumpulan data menggunakan tes menulis cerita pengalaman. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan varian data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Perhitungan uji-t skor posttest kelompok eksperimen dan posttest kelompok kontrol menunjukkan nilai t adalah 2,193, dengan df 38 dan nilai p sebesar 0,035. Nilai p lebih kecil dari 5% (p< 0,05). Hasil uji-t tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis cerita pengalaman antara kelompok eksperimen yang menggunakan video dan kartu acak dengan gambar dan LKS. Hasil perhitungan uji-t skor pretest dan posttest kelompok kontrol menunjukkan nilai t adalah -1,973, dengan df 19 dan nilai p 0,063. Pretest dan posttest kelompok eksperimen menunjukkan nilai t adalah -5,900 dengan df 19, dan nilai p 0,000. Kedua kelompok memiliki nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (p< 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa kedua kelompok mengalami peningkatan keterampilan menulis cerita pengalaman. Gain score menunjukkan perbedaan pada taraf persen (t=2,895; p<0,05) (t=2,895; 0,006<0,05). Hal ini berarti kelompok eksperimen memiliki perubahan yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol dan menunjukkan bahwa video dan kartu acak lebih efektif dibandingkan dengan gambar dan LKS dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita pengalaman siswa kelas V SD N Panggang
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis cerita pengalaman, video dan kartu acak, gambar dan LKS |
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 03:23 |
Last Modified: | 09 May 2019 07:21 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36603 |
Actions (login required)
View Item |