PENGARUH PENGGUNAAN MODUL TEKNIK PENGECORAN LOGAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK PENGECORAN LOGAM DI SMK N 2 KLATEN

Arif, Susanto (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL TEKNIK PENGECORAN LOGAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK PENGECORAN LOGAM DI SMK N 2 KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (Document)
THE_EFFECT_OF_USING_METAL_CASTING_TECHNICAL_MODULE_TO_STUDENTS�%80%99_ACHIEVEMENT_OF_CLASS_X__IN_METAL_CASTING_ENGINEERING_DEPARTMENT_SMK_N_2_KLATEN.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui prestasi belajar siswa yang tidak diberi perlakuan model pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran, mengetahui prestasi belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran dan mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antara yang diberi perlakuan model pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran dan prestasi belajar siswa yang tidak diberi perlakuan model pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experimental dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK N 2 Klaten. Sampel dipilih dengan cara sampling purposive yaitu 32 siswa kelas X PL-A sebagai kelas kontrol dan kelas X PL-B sebagai kelas eksperimen. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini dengan teknik tes. Sebelum diberi perlakuan siswa diberi pretest. Selanjutnya siswa diberi perlakuan. Kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran tanpa menggunakan modul pembelajaran sedangkan kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran. Setelah diberi perlakuan siswa diberi posttest. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah Analisis Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul pembelajaran berdampak positif terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukan dengan perolehan rata-rata nilai posttest kelas ekperimen lebih tinggi dari pada perolehan rata-rata nilai posttest kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai posttest sebesar 75,41 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 70,38. Dari hasil analisis Uji-t nilai thit = 5,716 dan tt5%(1,62) = 2,000. Besarnya thit lebih besar dari tt5%(1,54) yang berarti H_0 ditolak dan H_α diterima, sehingga ada perbedaan prestasi belajar siswa antara siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran tanpa menggunakan modul pembelajaran dan model pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:50
Last Modified: 29 Jan 2019 15:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3660

Actions (login required)

View Item View Item