LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS 2015 – 12 SEPTEMBER 2015 SMK YPKK 3 SLEMAN Jl. Ringroad Utara Karangnongko, Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta

Wurdiyanti Yuli Astuti, Wurdiyanti Yuli Astuti (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS 2015 – 12 SEPTEMBER 2015 SMK YPKK 3 SLEMAN Jl. Ringroad Utara Karangnongko, Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL.pdf

Download (648kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib berbobot 3 SKS yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta.Praktik Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta Semester Khusus yang berlokasi di SMK YPKK 3 Sleman telah dilaksanakan mahasiswa PPL pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai tanggal 12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 8 mahasiswa dari program Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Bahasa Inggris, dan PJKR .Tujuan penyusun melakukan PraktikPengalaman Lapangan ini untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan sekolah lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik. Setelah melakukan PPL diharapkan mahasiswa peserta PPL mampu meningkatkan kompetensinya sebagai calon pendidik yang professional dan mampu memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dimiliki seorang pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas X Akuntansi 1 dan 2 dengan mata pelajaran Ekonomi yang masing-masing berjumlah 17 dan 16 siswa dengan total jumlah mengajar sebanyak 4 kali dan 1 kali ulangan di 2 kelas tersebut, jadi keseluruhan jumlah tatap muka adalah 10 kali dengan praktik mengajar sebanyak 8 kali. Selain praktik mengajar, program kegiatan PPL juga meliputi pembuatan administrasi sekolah berupa denah sekolah, pencatatan gizi siswa, program pendampingan kegiatan sekolah seperti Pramuka, OSIS, dan Ekstrakulikuler Paduan Suara dan Olahraga. Secara umum kegiatan PPL berjalan dengan lancar dengan sedikit hambatan. Hambatan yang muncul merupakan hal yang wajar. Namun, dengan kerjasama antar anggota PPL hambatan-hambatan bisa ditekan dan program bisa terlaksana.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Jul 2016 02:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36581

Actions (login required)

View Item View Item