LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS 2015 – 12 SEPTEMBER 2015 LOKASI SMK YPKK 3 SLEMAN Ringroad Utara, Karangnongko, Maguwoharjo, Depok, Sleman

Umronah, Umronah (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS 2015 – 12 SEPTEMBER 2015 LOKASI SMK YPKK 3 SLEMAN Ringroad Utara, Karangnongko, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
UMRONAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan sarana praktik bagi mahasiswa dilapangan dalam upaya membentuk calon guru atau tenaga pendidik yang profesional. Dengan berbagai teori yang telah didapatkan pada bangku kuliah, maka diharapkan hal tersebut menjadi bekal yang cukup untuk praktek mengajar sebagai bentuk implementasi atas ilmu yang telah dikuasai. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan dapat menjadi tempat yang tepat untuk mengembangkan kompotensi yang dimiliki mahasiswa sebagai calon pendidik sekaligus menjadi motivasi untuk terus mengaktualisasi diri dan mengabdi di dunia pendidikan untuk mewujudkan dunia pendidikan yang semakin berkualitas dan mampu bersaing di masa depan. Program PPL di SMK YPKK 3 Sleman dilaksanakan selama kurang lebih lima minggu, mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 Semptember 2015. Kegiatan PPL bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengajar khususnya mencakup variabel dinamis, antara lain: pemahaman karakteristik peserta didik, kemampuan kemampuan merancang pembelajaran, kemampuan mengelola kelas, kemampuan mengembangkan media, strategi pembelajaran, dan kemampuan evaluasi. Oleh karena itu, kegiatan PPL dilakukan dengan serangkaian kegiatan yang diawali dengan observasi kelas, proses pengidentifikasian lingkungan belajar dan karakteristik peserta didik, koordinasi dengan pihak terkait antara lain Koordinator PPL SMK YPKK 3 Sleman dan guru pembimbing, penyusunan silabus dan RPP, serta pelaksanaan proses pembelajaran. Melalui PPL, mahasiswa calon guru diterjunkan ke sekolah untuk mengamati, mengenal dan belajar mempraktikkan semua kompetensi mengajar yang telah dipelajari di bangku kuliah, sehingga mendapatkan pengalaman kependidikan secara faktual di lapangan dengan bimbingan dan arahan dari guru pembimbing, dosen pembimbing dan koordinator PPL di Sekolah. Dalam kegiatan PPL di SMK YPKK 3 Sleman, peyusun mendapatkan kesempatan praktik mengajar di kelas XII Ak 1 dan XII Ak 2. Materi yang diajarkan kepada peserta didik kelas XII Ak 1 dan XII Ak 2 yaitu Menyiapkan Data Awal Perusahaan sampai dengan Penyusunan Daftar Persediaan (Inventory) pada Aplikasi Komputer Akuntansi MYOB.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Akuntansi, MYOB
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Jul 2016 02:06
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36579

Actions (login required)

View Item View Item