DIAH AYU WIDOWATI, DIAH AYU WIDOWATI (2015) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SD NEGERI TLOGOADI PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 Alamat: Jl. Getas, Tlogoadi, Mlati, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
LAPORAN PPL.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan PPL merupakan kegiatan yang bersifat aplikatif yang dilaksanakan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di kampus kemudian dikembangkan oleh mahasiswa di lokasi PPL. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik persekolahan. Tujuan dari praktik pengalaman lapangan ini yaitu merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Adapun isi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu meningkatkan potensi, bakat, dan minat siswa yang berguna untuk menunjang proses belajar mengajar; membantu meningkatkan kondisi sekolah yang mendukung proses belajar mengajar; mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik, dalam hal ini adalah mengenai pembuatan RPP, pengembangan media pembelajaran dan pendampingan bimbingan belajar. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa UNY dilaksanakan dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Lokasi yang digunakan untuk kegiatan PPL adalah SD Negeri Tlogoadi yang terletak di Getas Jl Kebonagung Km 9.8, Tlogoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, serta evaluasi dan tindak lanjut. Mahasiswa melakukan praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri pada semua mata pelajaran kecuali agama dan penjaskes di kelas 2, 3, 4 dan 5. Akan tetapi, untuk praktik mengajar terbimbing hanya dilaksanakan sebanyak 4 kali dan 2 kali untuk ujian dengan mata pelajaran eksak dan non-eksak. Sebelum mahasiswa mengajar, mahasiswa mempersiapkannya dengan melakukan observasi dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan setelah selesai mengajar mahasiswa melakukan kegiatan evaluasi berupa konsultasi dengan guru pembimbing mengenai kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan. Selain praktik mengajar, mahasiswa PPL juga melakukan kegiatan kelompok yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar siswa dan pemberian pelajaran tambahan bagi siswa yang belum dapat membaca serta menulis. Setelah melaksanakan praktik mengajar, maka didapatkan hasil bahwa siswa SD Negeri Tlogoadi rata-rata mempunyai kesungguhan belajar yang baik. Dalam mewujudkan output yang baik, maka pihak sekolah menjalankan lembaganya secara profesional seperti konsolidasi kegiatan belajar mengajar, kualitas guru yang baik, menjalin hubungan yang baik antar personal, melengkapi sarana dan prasarana serta tertib administrasi. Kata Kunci: PPL, Observasi, Persia
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, Observasi, Persiapan, Pelaksanaan, Evaluasi |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 01:00 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36553 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |