Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning Pada Materi Alat-alat Optik

Rufai, Muksin (2012) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning Pada Materi Alat-alat Optik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muksin-rufai-09708251004.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah: (1) untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran model pembelajaran berbasis masalah pada materi alat-alat optik di Sekolah Menengah Pertama yang valid, layak dan praktis, dan (2) mengidentifikasi keefektifan proses pembelajaran model pembelajaran berbasis masalah pada materi alat-alat optik siswa Sekolah menengah pertama. Jenis penelitian adalah research & development (R&D). penelitian mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model Borg & Gall. Pengembangan perangkat tersebut dimulai dari tahap studi pendahuluan, desain produk, uji ahli dan praktisi, ujicoba terbatas dan ujicoba lapangan. Jnstrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar observasi pengelolaan pembelajaran, lembar oservasi aktivitas siswa, lembar wawancara guru dan tes hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Ternate dan SMP Negeri 2 Kota Ternate. Responden dalam penelitian ini sebanyak 53 orang, yang terdiri dari 3 orang validator, 15 orang siswa pada uji coba terbatas dan 35 orang siswa pada uji coba lapangan. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok alat-alat optik, yang terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja siswa, dan tes hasil belajar. Hasil validasi menunjukkan perangkat yang dikembangkan layak digunakan. Hasil uji coba menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis model problem based learning dengan menggunakan perangkat yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan pembelajaran berdasarkan hasil pretes dan postes pada uji coba yang dilakukan menunjukan ada peningkatan skor 17,40 poin pada uji coba terbatas dan 48,98 Poin pada uji coba lapangan dengan skor maksimal 100.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis masalah, prestasi belajar, pembelajaran
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2016 04:26
Last Modified: 29 Jan 2019 08:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36542

Actions (login required)

View Item View Item