PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 1 CANGKRINGAN

Pangastuti Alfiana Dewi, Pangastuti Alfiana Dewi (2015) PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 1 CANGKRINGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PBSI_12201244002_Pangastuti Alfiana D.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Program ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa kependidikan sebagai calon guru atau pendidik dalam proses belajar mengajar di sekolah. Kegiatan PPL merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu yang bersifat teoretis yang diterima di perkuliahan. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut dan sekaligus mencari ilmu yang bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat kegiatan perkuliahan. SMP Negeri 1 Cangkringan berlokasi di Dusun Watuadeg, Wukirsari, Cangkringan, Sleman. Pelaksanaan PPL di SMP Negeri 1 Cangkringan dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 11 September 2015 yaitu kegiatan mengajar dan non mengajar. Kegiatan mengajar yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 4 kali pertemuan dengan RPP yang berbeda, namun praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 52 kali pertemuan dengan 7 RPP berbeda untuk 2 kelas selama 1 bulan, yaitu kelas VII A dan VII D. Jumlah jam pelajaran disetiap kelas adalah 5 jam selama seminggu, jadi secara keeluruhan memperoleh 10 jam per minggu. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, diskusi, tanya jawab, ceramah, penugasan dan presentasi. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain alat praktikum serta LKS. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern, di antaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan, karena peserta didik sangat aktif dan antusias dalam kegiatan pembelajaran sehingga segera melakukan praktikum tanpa memperhatikan petunjuk dari guru, selain itu juga peserta didik ramai sendiri dikelas dan sulit dikondisikan untuk mengikuti pembelajaran. Namun, hal ini merupakan suatu kenyataan bahwa anak usia SMP memang dalam perkembangan seperti itu, dan hal ini merupakan suatu proses untuk menuju yang lebih baik. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP N 1 Cangkringan, Kegiatan Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jul 2016 07:07
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36536

Actions (login required)

View Item View Item