LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi: SMP N 1 CANGKRINGAN

Risa Hafida Indradini, Risa Hafida Indradini (2015) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi: SMP N 1 CANGKRINGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PBSI_12201241034_Risa Hafida I.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa S1 program kependidikan wajib menempuh mata kuliah PPL. Hal ini bertujuan untuk menjadikan mahasiswa memiliki kompetensi dan kemampuan keguruan, sehingga dapat mempersiapkan diri untuk melaksanakan tanggung jawab sebagai seorang calon pendidik. Kegiatan pokok PPL adalah praktik mengajar. Mahasiswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan program studinya. Dengan mengikuti kegiatan ini, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman langsung pada kegiatan belajar mengajar. Selain memperoleh pengalaman kegiatan belajar mengajar, mahasiswa diharapkan mendapatkan pengalaman dalam bidang penelitian dan pengabdian. Hal ini dikarenakan oleh kegiatan PPL yang mencakup tiga dimensi pokok, yaitu penelitian, pendidikan, dan pengabdian kepada masyarakat secara terpadu yang mengandung konsekuensi. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus-12 September 2015. Kegiatan PPL ditekankan pada kegiatan mengajar. Pada kegiatan ini mahasiswa melaksanakan tugas layaknya seorang pendidik yang diharapkan mampu mendidik siswa dan menyalurkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya kepada siswa. Selain kegiatan mengajar, mahasiswa praktikan program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia juga melaksanakan kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk membantu mengembangkan pembelajaran bagi siswa maupun bagi mahasiswa praktikan. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan nonmengajar dan kegiatan insidental. Pada dasarnya kegiatan PPL dibagi menjadi tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil kegiatan. Kegiatan persiapan meliputi pembekalan PPL, pengajaran mikro, observasi, dan perumusan program. Kegiatan pelaksanaan meliputi kegiatan persiapan mengajar, praktik mengajar, kegiatan nonmengajar, dan kegiatan insidental. Setelah melaksanakan persiapan dan pelaksanaan, mahasiswa melakukan refleksi terhadap kegiatan PPL yang telah dijalani. Pada kegiatan PPL yang dilaksanakan periode 10 Agustus-12 September 2015, mahasiswa hanya diberikan tugas untuk mengajar 2 kelas, yaitu kelas VII B dan C. Akan tetapi mahasiswa juga melaksanakan pembelajaran secara tim. Selama kegiatan PPL mahasiswa sudah melaksanakan praktik pembelajaran sebanyak 34 kali tatap muka dengan 7 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Ketujuh RPP tersebut sudah mencakup 4 keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Setiap pembelajaran diawali dengan persiapan, praktik, dan evaluasi. Dari praktik mengajar tersebut metode yang sering digunakan yaitu Contextual Teaching and learning (CTL), yang dimana mahasiswa akan mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa. Tidak semua pembelajaran dilaksanakan dengan mudah. Dalam praktiknya, setiap pembelajaran memerlukan evaluasi dan refleksi untuk perbaikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, kegiatan mengajar, pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jul 2016 07:00
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36535

Actions (login required)

View Item View Item