Yuswita Yekti Andriyani, Yuswita Yekti Andriyani (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 KALASAN YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
laporan ppl yuswita 12205244021.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan terpadu sehingga pelaksanaanya saling terintegrai dan saling mendukung satu dengan yang lainnya. Dalam kegiatan ini juga sangat membutuhkan dari berbagai pihak yang terkait. Tujuan yang ingin dicapai adalah mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan dan menerapkan ilmu yang didapat dari bangku perkuliyahan maupun di luar perkuliyahan, sehingga mampu mengembangkan potensi masyarakat lingkungan sekolah dan dapat diharapkan apabila besok akan menjadi pengajar yang berkualitas dan sesuai kaedah pengajar yang santun dan arif. Kegiatan PPL ini berlokasi di SMK Negeri 1 Kalasan yang beralamat di Randugunting, Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan jumlah 20 mahasiswa PPL UNY 2012. Kegiatan PPL di SMK Negeri 1 Kalasan dilaksanakan selama satu bulan penuh terhitung mulai 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Adapun program – program yang dilaksanakan berorientasi pada bidang akademik, baik yang sudah direncanakan maupun program yang tidak direncanakan sejak awal. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Beberapa persiapan PPL yang dilakukan antara lain kegiatan konsultasi dengan guru pembimbing dan observasi kegiatan pembelajaran. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran. Praktik mengajar dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar sebanyak 44 kali dengan alokasi waktu masing-masing 45 menit setiap pertemuan (1 x 45 menit). Dalam kegiatan PPL di SMK Negeri 1 Kalasan, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di kelas XII AP A, XII TB,XI TB, XI AP B, XI KAYU A, XI KAYU B, X TA, X JB A, X JB B, X KERAMIK, dan X AP B . Dalam pelaksanaan PPL yang berupa praktik mengajar, situasi pembelajaran secara umum dapat terkendali, interaksi belajar mengajar dapat terkondisikan, akan tetapi masih ada beberapa permasalahan yang dihadapi pada saat pelaksanaan PPL. Pengalaman yang diperoleh dari pengajaran ini adalah dapat mengetahui bagaimana cara pengendalian siswa dan kelas dengan baik, di jam – jam pelajaran rawan, seperti dijam pelajaran terakhir dan sesudah istirahat. Dalam penyusunan kegiatan PPL, Penyusun berusaha sebaik mungkin dalam menjalankan tugas dan berusaha menjalin kerjasama dengan semua pihak yang terkait demi kelancaran dan kesuksesan proses PPL UNY 2015 tersebut.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, dan mengajar |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 15 Jul 2016 05:15 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:54 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36528 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |