LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015 LOKASI SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK Jalan Swadaya IV, Karangasem, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta

Ulfa Windarti, Ulfa Windarti (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015 LOKASI SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK Jalan Swadaya IV, Karangasem, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ulfa Windarti.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Kegiatan PPL merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu yang bersifat teoretis yang diterima di perkuliahan. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut dan sekaligus mencari ilmu yang bersifat faktual, tidak sekadar teoritis seperti pada saat kegiatan perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal bagi calon pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang digunakan sebagai calon pendidik kelak. SMP Muhammadiyah 2 Depok berlokasi di Jalan Swadaya IV, Karangasem, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta merupakan salah satu sekolah swasta yang berdiri di bawah kepengurusan Muhammadiyah. Program PPL di SMP Muhammadiyah 2 Depok dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 4 kali pertemuan, namun praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 12 kali pertemuan untuk dua kelas yaitu kelas VII B dan VII C. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, diskusi, tanya jawab, ceramah, permainan dan presentasi. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain alat praktikum serta LKS atau buku paket. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern, salah satunya adalah masalah pengelolaan kelas. Namun, hal ini dapat diatasi dengan adanya pembiasaan dan bimbingan. Pada kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta calon pendidik yang profesional dan berkualitas, sehingga dapat memajukan pendidikan di negara kita, Indonesia. Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut dan menbudayakan tujuan utama pendidikan dan pembelajaran yaitu mendewasakan seseorang melalui upaya peningkatan sadar akan pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), pembelajaran, pendidikan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jul 2016 04:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36511

Actions (login required)

View Item View Item