IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA DALAM MENGHADAPI PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA SMA DI WILAYAH KOTA PEKALONGAN

Lita ,, Indarkusumawati (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA DALAM MENGHADAPI PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA SMA DI WILAYAH KOTA PEKALONGAN. S1 thesis, UNY.

[img] Text
IMPLEMENTASI_PEMBELAJARAN_KIMIA_DALAM_MENGHADAPI_PELAKSANAAN_KURIKULUM_TINGKAT_SATUAN_PENDIDIKA1.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi pembelajaran kimia dalam menghadapi pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), (2) kesiapan sarana dan prasarana pembelajaran kimia dalam menghadapi pelaksanaan KTSP, (3) hubungan antara kesiapan sarana dan prasarana pembelajaran kimia dengan implementasi pembelajaran kimia dalam menghadapi pelaksanaan KTSP,serta (4) kendala-kendala yang dihadapi guru kJ-ha dalam menghadapi pelaksaYaan KTSP pada SMA di wllayah Kota Pekalongan ditinjau dari aspek persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penejitian deskn'ptif. Populasi maupun sampel penelitian ini adalah SMA-SMA di Kota Pekalongan yaitu sebanyak 10 SMA, sehingga dikatakan sebagai penelitian populasi. Data dalam penelitian ini diambil melalui kuesioner, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan rata-rata persentase dan korelasi product moment antara kesiapan sarana dan prasarana pembelajaran kimia dengan implementasi pembelajaran kimia dalam menghadapai pelaksanaan KTSP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran kimia dalam menghadapi pelaksanaan KTSP pada SMA di wilayah Kota Pekalongan adalah tinggi dengan rerata persentase 79,49 % sedangkan sarana dan prasarananya dalam kategori sedang dengan rerata persentase 65,53 %. Secara statistik diperoleh ada hubungan positif dan signifikan antara sarana dan prasarana pembelajaran kimia dengan implementasi pembelajaran kimia dalam menghadapi pelaksanaan KTSP dengan harga koefisien korelasi 0,766 (r tabel 5 % = 0,632; untuk N= 10). Meskipun demikian, dalam implementasi pembelajaran kimia daiam menghadapi KTSP di Kota Pekalongan terdapat beberapa kendala-kendala dalam hal persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:51
Last Modified: 29 Jan 2019 15:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3650

Actions (login required)

View Item View Item