Laporan Individu PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Materi Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial Satuan Pendidikan : SMP N 5 Depok, Depok

Afan Hardiansyah, Afan Hardiansyah (2015) Laporan Individu PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Materi Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial Satuan Pendidikan : SMP N 5 Depok, Depok. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
1. LAPORAN INDIVIDU PPL AFAN.pdf

Download (599kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program wajib bagi setiap mahasiswa kependidikan. Tujuan dari pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan adalah melatih mahasiswa dalam rangka menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang dimilikinya dalam proses belajar mengajar sesuai dengan bidang keahlian masing-masing, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman menjadi pendidik yang profesional dalam nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai bekal dirinya dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Mahasiswa PPL mengajar beberapa mata pelajaran sesuai bidangnya masing-masing. Selain melakukan praktik mengajar mahasiswa juga melakukan praktik persekolahan seperti setiap Senin dan hari besar Nasional dengan mengikuti upacara bendera. Pelaksanaan PPL bertempat di SMP Negeri 5 Depok. Adapun Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktek mengajar, dan analisis hasil. Praktik mengajar dilaksanakan tanggal 10 Agustus 2016 sampai 12 September 2015. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar sebanyak 23 kali tatap muka. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas VII A, VII B. Hasil dari kegiatan PPL di SMP Negeri 5 Depok antara lain praktik mengajar sebanyak 23 kali tatap muka di kelas VII A, VII B. Banyak pengalaman berharga yang didapat selama berlangsungnya kegiatan PPL selama satu bulan ini. Seluruh kegiatan dapat berjalan dengan lancar berkat adanya komunikasi dan kerjasama yang baik antara warga sekolah seperti pihak birokrasi, kepala sekolah guru pembimbing dan juga siswa. Dengan demikian kegiatan PPL diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi siswa, pihak sekolah, maupun kepada mahasiswa sendiri untuk mengembangkan kemampuannya dan menerapkan ilmu-ilmu yang telah didapatkan selama berada di bangku kuliah, serta melatih keprofesionalan sebagai calon tenaga pendidik yang terjun secara langsung di lingkungan sekolah. Meskipun demikian, tetap masih ada hambatan dalam pelaksanaan PPL. Penyusun menghimbau supaya hubungan kerja sama antara pihak sekolah dan UPPL-UNY tetap terjaga dengan baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Praktik Mengajar, Pendidikan IPS
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 15 Jul 2016 01:23
Last Modified: 15 Jul 2016 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36478

Actions (login required)

View Item View Item