LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 2 KALASAN

Raden Hernawan Widhianto, Raden Hernawan Widhianto (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 2 KALASAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Hernawan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa kependidikan. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) tidak lain untuk memberi kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal dan menghayati permasalahan yang dihadapi lembaga pendidikan, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata. Pelakasanan PPL yang dilaksanakan selama satu bulan, yakni tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015 memberikan pembelajaran yang begitu luar biasa bagi mahasiswa UNY pada umumnya dan mahasiswa Pendidikan IPS pada khususnya. Banyak sekali hal yang didapatkan dalam kegiatan pembelajaran, diantaranya adalah membuat media yang menarik untuk siswa dan cara pengkondisian siswa di ruang kelas. Ada beberapa media pembelajaran yang penulis gunakan baik audio ataupun visual seperti, video pembelajaran atau motivasi, gambar, game, powerpoint dan lain sebagainya. Agar semua media lebih optimal penulis mengemasnya dalam bentuk permainan yang disebut Match The Answer (memasangkan jawaban). Permainan memasangkan jawaban sangatlah simpel dan efektif, karena permainan ini melibatkan seluruh siswa di dalam permainan tersebut, yakni dengan cara pembentukan 2 kelompok besar. Misalnya Kelompok A mendapatkan Pertanyaan yang akan ditanyakan kepada kelompok B dan Kelompok B mendapatkan berupa Jawaban dari Pertanyaan Kelompok A, Begitu sebaliknya. Agar permainan ini lebih menarik perhatian siswa, penulis memberikan penghargaan lebih kepada kelompok yang menang atau siswa yang aktif. Sehingga motivasi siswa untuk menjawab pertanyaan dan mendengarkan jawaban dapat secara maksimal. Pelaksanaan kegiatan PPL sangatlah penting guna melatih mahasiswa UNY pada umumnya dan mahasiswa Pendidikan IPS pada khususnya untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimilikinya dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa dapat memiliki pengalaman yang dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensinya di masa yang akan datang dalam kaitannya sebagai pendidik. Secara umum, program kerja PPL di SMP N 2 Kalasan dapat terlaksana dengan lancar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP Negeri 2 Kalasan, Pembelajaran IPS
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jul 2016 08:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36462

Actions (login required)

View Item View Item