LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 2 KALASAN

Arif Nur Fitriyanti, Arif Nur Fitriyanti (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 2 KALASAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12301241004_ARIF NUR FITRIYANTI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) UNY Tahun 2015 telah dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kalasan satu bulan sejak tanggal 10 Agustus - 12 September 2015. PPL merupakan sarana untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga terkait dengan proses pembelajaran; dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah. Dalam Praktik Pengalaman (PPL) ini, mahasiswa berlatih untuk mengajar secara terbimbing. Hal yang menarik dari praktik mengajar untuk mata pelajaran matematika yang berhasil dilaksanakan mahasiswa adalah pembelajaran dengan metode diskusi kelompok sederhana (metode kooperatif tipe STAD). Metode diskusi kelompok ini memberikan warna baru terhadap pembelajaran matematika yang selama ini dianggap siswa membosankan dan hanya berisi rumus-rumus. Dalam pelaksanaan dikusi kelompok ini, mahasiswa membentuk kelompok acak yang terdiri dari 3 – 4 siswa dan setiap kelompok memilih satu orang sebagai kapten kelompok. Mahasiswa juga membuat lembar dikusi kelompok untuk menuliskan hasil diskusi (presentasi) yang terbuat dari kertas bekas. Hal ini dilaksanakan oleh mahasiswa untuk menanamkan karakter memanfaatkan barang bekas sebagai wujud pelaksanaan 3R (Reuse, Reuse, Recycle) dan sekaligus mendukung program sekolah untuk Go Green. Pembelajaran matematika dengan metode diskusi kelompok ini perlu dilakukan di SMP Negeri 2 Kalasan agar siswa dapat berlatih bekerjasama, bertanggungjawab dalam kelompok, mengeluarkan pendapat di depan orang lain, dan menghargai pendapat orang lain. Secara umum, program kerja PPL di SMP Negeri 2 Kalasan dapat terlaksana dengan baik dan dapat memenuhi target jam yang telah ditetapkan sebanyak minimal 128 jam. Selain itu, pelaksanaan PPL di SMP Negeri 2 Kalasan juga cukup berhasil karena telah terjalin kerjasama yang baik antara anggota kelompok PPL dengan warga sekolah di SMP Negeri 2 Kalasan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP Negeri 2 Kalasan, Pembelajaran Matematika
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jul 2016 08:25
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36449

Actions (login required)

View Item View Item