LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Lokasi : SMP NEGERI 2 BERBAH

Wida Merliana, Wida Merliana (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Lokasi : SMP NEGERI 2 BERBAH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
0 Cover PRINT fiks.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0 BAB I-III WIDA.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program yang harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Penyelenggaraan program PPL Universitas Negeri Yogyakarta menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran. Kegiatan tersebut terkait dengan proses pembelajaran maupun keseluruhan kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Pelaksanaan PPL 2015 di SMP Negeri 2 Berbah mulai tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015. Kegiatan PPL diawali dengan Pembekalan microteaching dan PPL, observasi sekolah, microteaching, perencanaan program, konsultasi program dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing, serta penetapan program sebagai kegiatan akhir. Hasil dari pelaksanaan PPL di SMP Negeri 2 Berbah antara lain mahasiswa berusaha memberikan kontribusi pikiran, tenaga dan biaya kepada pihak sekolah. PPL telah terlaksana dengan baik, walaupun terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti beberapa siswa pasif dalam mengikuti pembelajaran dan praktikan kurang percaya diri saat mengajar dikarenakan kurang menginovasi media pembelajaran. Solusi dari hambatan-hambatan yang dialami adalah memberikan motivasi kepada siswa untuk tetap bersemangat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, memberikan metode pembelajaran yang menarik sehingga siswa-siswa perhatiannya fokus pada materi yang disampaikan, mempersiapkan segala sesuatu sebelum mengajar agar saat mengajar siswa serius namun pembelajaran tetap menyenangkan. Program PPL ini dapat menjadi suatu proses penting untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa di lingkungan sekolah yang sebenarnya. Selain itu, program ini juga menjadi sebuah usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah. Oleh karena itu, keberadaan mahasiswa UNY di sekolah diharapkan dapat memberikan sumbangsih yang bermanfaat bagi masa depan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, hasil, hambatan, solusi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jul 2016 08:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36443

Actions (login required)

View Item View Item