LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMP NEGERI 2 BERBAH (Sanggrahan, Tegaltirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta) 10 Agustus – 12 September 2015

Putri Novia Wulandari, Putri Novia Wulandari (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMP NEGERI 2 BERBAH (Sanggrahan, Tegaltirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta) 10 Agustus – 12 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover - daftar lampiran.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1 - Bab 3.pdf

Download (418kB) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan program PPL Universitas Negeri Yogyakarta menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran.Kegiatan tersebut terkain dengan proses pembelajaran maupun keseluruhan kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Oleh karena itu, program PPL menjadi salah satu program wajib yang harus ditempuh seluruh mahasiswa program kependidikan. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 Septermber 2015. Kegiatan PPL diawali dengan Pembekalan microteaching dan PPL, observasi sekolah, microteaching, perencanaan program, konsultasi program dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing, serta penetapan program sebagai kegiatan akhir. Adapun hasil pelaksanaan PPL di SMP Negeri 2 Berbah anatara lain mahasiswa berusaha memberikan kontribusi pikiran, tenaga dan biaya kepada pihak sekolah. PPL telah terlaksana dengan baik, walaupun terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti beberapa siswa pasif dalam mengikuti pembelajaran, kurang percaya diri saat mengajar yang dikarenakan praktikan kurang menguasai materi yang diajarkan, dan kesulitan mengelola kelas. Solusi dari hambatan-hambatan yang dialami adalah memberikan motivasi kepada siswa untuk tetap bersemangat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, memberikan metode pembelajaran yang semenarik mungkin sehingga siswa-siswa perhatiannya fokus pada materi yang disampaikan, mempersiapkan segala sesuatu sebelum mengajar agar saat mengajar menguasai materi dan percaya diri. Program PPL ini dapat menjadi suatu proses penting untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa di lingkungan sekolah yang sebenarnya. Selain itu, program ini juga menjadi sebuah usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah. Oleh karena itu, keberadaan mahasiswa UNY di sekolah diharapkan dapat memberikan sumbang sih yang bermanfaat bagi masa depan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, hasil, hambatan, solusi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jul 2016 08:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36441

Actions (login required)

View Item View Item