Laporan Individu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) SMK Negeri 1 Tempel Jl. Magelang Km 17, Jlegongan, Margorejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta

Suyani, Suyani (2015) Laporan Individu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) SMK Negeri 1 Tempel Jl. Magelang Km 17, Jlegongan, Margorejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
00 COVER LAPORAN.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
isi.pdf

Download (944kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib di ambil oleh mahasiswa UNY. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu Tri Darma Perguruan Tingggi. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih atau mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, kedua ialah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan manajerial kelembagaan, ketiga meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan, dan ketrampilan yang telah dikuasai secara intersipliner ke dalam ke dalam kehidupan nyata di sekolah maupun lembaga pendidikan, keempat ialah memacu pengembangan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri dan kelima ialah meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dengan pemerintah daerah sekolah dan lembaga terkait. Program kerja yang telah dilaksanakan merupakan suatu usaha dalam rangka mewujudkan tujuan-tujuan tersebut. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada semester khusus tahun 2015 ini adalah di lingkungan masyarakat sekolah, yaitu seruluh siswa SMK Negeri 1 Tempel. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan selama sebulan, dimulai tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015. Kegiatan ini di awali dengan observasi baiik observasi kondisi fisik sekolah maupun proses belajar mengajar di kelas. Dari hasil observasi disusun beberapa program PPL. Adapun program PPL anatara lain menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pembuatan administrasi guru, praktik mengajar dan evaluasi pembelajaran dll. Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa selama pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) meliputi praktek mengajar, di mana mahasiswa terjun secara langsung lapangan atau tatap muka langsung dengan siswa di dalam kelas untuk mengajar. Dengan diterjunkannya mahasiswa di lingkungan masyarakat sekolah, diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman tentang pelaksanaan proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan atau kependidikan, sehingga vii mahasiswa dapat menggunakan pengalamannya sebagai bekal untuk membentuk keprofesionalannya. Secara umum, program–program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah direncanakan oleh tiap mahasiswa dapat berjalan dengan baik dan lancar, namun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan yang dapat dipastikan selalu timbul. Beberapa hambatan tersebut antara lain : dalam pengelolaan kelas dan pengelolaan waktu. Tetapi mahasiswa selalu berusaha untuk menekan hambatan yang terjadi, sehingga program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan lancar. Dengan adanya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini, mahasiswa mendapat banyak pengalaman nyata yang dapat menjadi landasan bagi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya dalam dunia pendidikan dan sebagai bekal dalam pengabdian diri sebagai tanaga pendidik

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jul 2016 07:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36431

Actions (login required)

View Item View Item