LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 2 SLEMAN

SRIYONO, SRIYONO (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 2 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Sriyono. Pdf.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan sebuah universitas yang mempunyai tugas dan misi untuk menyiapkan atau menghasilkan tenagakependidikan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai tenagaprofesional. Dalam menyiapkan tenaga pendidikan tersebut, UNY memberikanpengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa kependidikan tentang proses belajar mengajar melalui mata kuliah Pengantar Ilmu Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Evaluasi Pengajaran, Pengajaran Mikro, dan PPL. PPL adalah salah satu mata kuliah yang bersifat wajib dilaksanakan oleh mahasiswa jurusan Pendidikan Sosiologi dalam rangka memenuhi persyaratan sebagai tenaga kependidikan yang profesional sesuai dengan tugas dan misi universitas. Lokasipraktikan dalam melaksanakan PPL adalah di SMA Negeri 2 Sleman, Brayut, Pandowoharjo, Sleman, D.I. Yogyakarta Sebelum melaksanakan kegiatan PPL, praktikan telah melaksanakanobservasi, pembekalan PPL dan pengajaran mikro sebelum diterjunkan di lokasi PPL. Pelaksanaan PPL dimulai pada tanggal 10Agustus 2015 - 12 September 2015. Dalam kegiatan PPL yang dilaksanakan selama kurang lebih bulan ini praktikan mengampu mata pelajaran Sosiologi untuk kelas XA, XB, XC, dan XD. Mata pelajaran Sosiologi memiliki jumlah 2 jam/kelas pada tiap minggunya. Jadi tiap minggu praktikan mengajar selama 8 jam pelajaran untuk 4 kelas. Praktikan merasa dalam Praktik Pengalam Lapangan ini mendapat banyak pengalaman tentang dunia kependidikan. Program kerja yang sudah dirancang pada awal kegiatan PPL dapat dilaksanakan dengan besar. Secara keseluruhan pelaksanaan PPL berlangsung dengan baik, mulai dari observasi, pembuatan buku adminitrasi guru, pembuatan silabus dan RPP dan pelaksanaaan kegiatan belajar mengajar, evaluasi, hingga penyusunan laporan. Tidak ada hambatan yang berarti selama pelaksanaan PPL karena apabila ada kesulitan, praktikan dapat berkonsultasi kepada guru pembimbing. PPL ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi praktikan khususnya dalam bidang pendidikan. Adapun saran dari penyusunan agar dari pihak sekolah lebih mengembangkan fasilitas yang bersangkutan langsung dengan proses pengajaran. Pelaksanaan PPL selama kurang lebih satu bulan yaitu pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015 ini waktunya terasa kurang efektif karena bertepatan dengan bulan Agustus. Banyak hari yang tidak efektif untuk kegiatanpembelajaran dan banyak hari tidak ada proses belajar mengajar karena dilaksanakan untuk memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, sekolah, sosiologi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jul 2016 06:58
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36419

Actions (login required)

View Item View Item