PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA BERBASIS LINGKUNGAN DAN TEKNOLOGI

HARYADI, HARYADI and Tadkiroatun, Musfiroh, Dr., S.Pd., M.Hum. and Suwarjo , Dr., M.Si, . (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA BERBASIS LINGKUNGAN DAN TEKNOLOGI. [Experiment/Research]

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
LAPORAN PENELITIAN HIBAH TH III 30 Nov 2015.doc

Download (2MB)

Abstract

Keberadaan media, di SMP dan SMA, sangat dibutuhkan karena berbagai alasan. Media bukan saja berfungsi membantu siswa memahami mataeri tetapi juga membuat suasana belajar yang menyenangkan dan multiindrawi. UNY sebagai LPTK berusaha menggali berbagai media berbasis lingkungan dan teknologi yang bertebaran tetapi luput dari perhatian para guru. Secara umum penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran bahasa berbasis lingkungan dan teknologi, yang terdiri dari: (1) dua media pembelajaran bahasa integratif berbasis lingkungan, (2) dua media pembelajaran bahasa integratif berbasis teknologi, dan (3) panduan melaksanakan pembelajaran bahasa integratif berbasis lingkungan dan teknologi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan membantu mahasiswa pascasarjana agar cepat lulus dengan cara melibatkan mereka dalam penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian payung dari penelitian mahasiswa yang selanjutnya disebut penelitian anak payung. Penelitian ini adalah penelitian riset dan pengembangan (R & D), yang akan dilakukan selama tiga (3) tahun. Tahun kedua, yakni tahun 2014 ini telah dihasilkan empat media yang telah divalidasi dan diuji-coba, yakni media kartu kata, media diskusi dengan adobe media flash, media solikata berbasis komputer, dan media pembelajaran menulis untuk bahasa Jawa. Berdasarkan hasil uji-coba itulah, empat media yang dihasilkan telah diperbaiki. Pada tahun kedua ini telah diluluskan lima mahasiswa S2 Pascasarjana dengan tesis tentang media. Untuk tahun 2015 ditambahkan dua mahasiswa Pascasarjana yang baru sebagai anggota payung. Tahun ketiga bertujuan melakukan uji efektivitas media, melakukan menyempurnakan panduan, dan melakukan sosialisasi media beserta panduannya. Penelitian ini melibatkan 6 kelas untuk uji efektivitas dan 50 guru untuk sosialisasi media. Data diperoleh melalui eksperimen dengan tes dan workshop. Data dianalisis dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Penelitian tahun ke-2 telah menghasilkan 4 media, yakni media kartu kata, media menyimak dengan adobe media-flash, solikata, dan media menulis. Hasil uji-coba media menunjukkan hitungan: rerata 3,67 untuk media kartu kata (kategori cukup), rerata 4,00 media diskusi adobe media-flash (kategori baik), rerata 3,7 untuk media solikata (kategori cukup), dan rerata 3,65 untuk media berbahasa Jawa (kategori cukup). Kelebihan media ini terletak pada inovasi dan fleksibiltas sasaran (SMP dan SMA), kemudahan evaluasi. Ada pun kekurangan media terdapat pada durasi. Media telah diperbaiki berdasarkan masukan via FGD dan hasil observasi dalam proses uji-coba media di lapangan. Media telah siap untuk diuji efektivitas dan sosialisasi di tahun ke-3. Penelitian tahun ketiga telah menghasilkan empat media yang telah diketahui efektivitasnya dan akan diuji keberterimaannya melalui proses sosialisasi. Pada tahun ketiga ini telah dilakukan uji efektivitas, daan pada bulan November akan dilakukan sosialisasi media kepada pengguna. Selain itu akan dilakukan pendaftaran HKI HC segera setelah uji efektivitas dilakukan. Tahun ketiga juga menghasilkan artikel jurnal.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Pascasarjana 2015
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, media berbasis lingkungan, media berbasis teknologi, kartukata, media menyimak diskusi, solikata, media menulis bahasa Jawa
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 14 Jul 2016 02:52
Last Modified: 14 Jul 2016 02:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36390

Actions (login required)

View Item View Item