IMPLEMENTASI KOMPETENSI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SD N 5 WATES, WATES, KULON PROGO

Utami, Rizky Putri (2016) IMPLEMENTASI KOMPETENSI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SD N 5 WATES, WATES, KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Rizky Putri Utami.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) implementasi kompetensi supervisi akademik; (2) kendala yang dihadapi, solusi yang dilakukan, dan dampak pelaksanaan supervisi di SD Negeri 5 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di SD Negeri 5 Wates, Kulon Progo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengacu pada analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik riangulasi yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Supervisi dilaksanakan satu kali setiap awal semester. Supervisi dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik, yaitu kunjungan kelas, pertemuan individu, rapat, diklat, penataran, dan kerja kelompok. Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan supervisi adalah pendekatan kolaboratif. Tindak lanjut yang dilakukan kepala sekolah adalah dengan melakukan review rangkuman hasil supervisi dan melakukan pembinaan keterampilan dan sikap guru; (2) kendala pelaksanaan supervisi akademik adalah pelaksanaan supervisi yang sering kali tidak sesuai jadwal, dikarenakan begitu banyaknya beban kerja kepala sekolah. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan melakukan reschedule jadwal supervisi. Supervisi akademik memberikan dampak yang positif bagi peningkatan kinerja guru dan kualitas pembelajaran. Kata kunci: kepala sekolah, supervisi akademik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Jul 2016 02:04
Last Modified: 30 Jan 2019 09:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36379

Actions (login required)

View Item View Item