PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MATA PELAJARAN IPA TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS BODEN POWELL GEBANG PURWOREJO

Achmad, Panggih Istiarto (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MATA PELAJARAN IPA TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS BODEN POWELL GEBANG PURWOREJO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Panggih Istiarto Achmad.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing mata pelajaran IPA terhadap kemampuan analisis siswa kelas IV SD Se-Gugus Boden Powell Kecamatan Gebang. Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan analisis yang belum dilatihkan oleh guru. Metode penelitian dengan menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Desain penelitian ini yaitu nonequivalent control group design. Variabel bebes dalam penelitian ini yaitu inkuiri terbimbing sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas IV se-gugus Boden Powell Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo yang berjumlah 164. Sampel diambil menggunakan teknik purposive cluster random sampling sehingga diperoleh siswa kelas IV SD N 2 Gintungan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SD N 2 Bulus sebagai kelas kontrol. Metode pengambilan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik parametrik yang terdiri dari uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesis (T-test). Data yang diperoleh diolah dengan SPSS. 20 for Windows pada taraf signifikansi 5%. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 44,35 sedangkan kelas kontrol 45,18. Semntara nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 74,74 sedangkan kelas kontrol 57,90. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang belajar menggunakan model inkuiri terbimbing. Kata kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing, kemampuan analisis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Jul 2016 02:00
Last Modified: 30 Jan 2019 09:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36377

Actions (login required)

View Item View Item