Utami, Kurniawati Indri (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA BERKESULITAN BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR PADA SISWA KELAS II SD NEGERI KAJORAN 2 MAGELANG. S1 thesis, PGSD.
![]() |
Text
Kurniawati Indri Utami.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa berkesulitan belajar melalui layanan bimbingan belajar pada siswa kelas II di SD Negeri Kajoran 2 Magelang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (Action Research). Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah seorang siswa kelas II yang mengalami kesulitan belajar. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan belajar dengan metode tanya jawab, tutor sebaya, dan pengajaran individual dapat meningkatkan hasil belajar siswa berkesulitan belajar. Selanjutnya, 2 metode lain yang digunakan yaitu pemberian tugas dan diskusi kelompok belum dapat meningkatkan hasil belajar siswa berkesulitan belajar. Hasil belajar yang ditunjukkan pada pra tindakan tergolong rendah, tidak terdapat nilai yang mencapai kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus I, ketuntasan nilai siswa mengalami peningkatan sebesar 16,7% yaitu terdapat 1 mata pelajaran yang nilainya mencapai kriteria ketuntasan minimal. Dengan adanya perbaikan tindakan pada siklus II, persentase ketuntasan meningkat menjadi 66,7%. Dari 6 mata pelajaran yang digunakan dalam pelaksanaan tindakan, nilai 4 mata pelajaran telah mencapai kriteria ketuntasan dan 2 mata pelajaran belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya karena telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu ditandai dengan minimal 3 mata pelajaran mencapai kriteria ketuntasan minimal. Pada penelitian ini hasil belajar siswa telah meningkat karena sejumlah 4 mata pelajaran telah mencapai kriteria ketuntasan minimal. Kata kunci: hasil belajar, siswa berkesulitan belajar, layanan bimbingan belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 01:56 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 09:51 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36374 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |