Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Sistem Saraf untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 2 Wates

Triyanti, Merti (2012) Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Sistem Saraf untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 2 Wates. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-merti-triyanti-10708251016.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan multimedia interaktif yang layak digunakan untuk pembelajaran biologi; 2) mengetahui kualitas multimedia interaktif hasil pengembangan ditinjau dari aspek kelayakan isi, bahasa dan gambar, penyajian dan kegrafikaan, menurut ahli materi, ahli media, guru biologi, dan teman sejawat; 3) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan multimedia interaktif; dan 4) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan multimedia interaktif. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Tahapan model 3-D meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Penilaian produk dilakukan oleh satu ahli materi yang meliputi aspek kelayakan isi, dan aspek bahasa dan gambar, satu ahli media yang meliputi aspek penyajian, dan aspek kegrafikaan, satu guru biologi, dan tiga teman sejawat yang meliputi aspek kelayakan isi, bahasa dan gambar, penyajian, dan kegrafikan. Subjek uji coba produk adalah siswa kelas XI SMAN 2 Wates, dengan rincian: sembilan siswa untuk uji coba terbatas, dan 29 siswa untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, lembar observasi, dan tes (pretest-posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) multimedia interaktif yang dikembangkan telah layak digunakan dalam pembelajaran biologi; 2) kualitas multimedia hasil pengembangan ditinjau dari aspek kelayakan isi, menurut ahli materi, ahli media, guru biologi, dan teman sejawat secara umum memiliki kategori sangat baik; 3) terjadi peningkatan motivasi siswa setelah menggunakan multimedia interaktif dengan nilai rerata angket motivasi sebelum pembelajaran adalah 73,36 dan rerata angket motivasi setelah pembelajaran adalah 81,98 dan memiliki kategori sedang dengan nilai gain score sebesar 0,33; dan 4) terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan multimedia interaktif dengan kategori sedang dengan rerata gain sebesar 0,42 dan peningkatan 68,97% jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan multimedia interaktif, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2016 08:53
Last Modified: 29 Jan 2019 08:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36359

Actions (login required)

View Item View Item