LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 11 AGUSTUS - 11 SEPTEMBER 2015 DI SMP N 1 PAKEM

Dimas Angga Nur Sasongko, Dimas Angga Nur Sasongko (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 11 AGUSTUS - 11 SEPTEMBER 2015 DI SMP N 1 PAKEM. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12301241005 Dimas Angga Nur Sasongko P. MATEMATIKA.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan untuk semua jurusan. Kegiatan PPL dilaksanakan secara terbimbing yang penyelenggaraannya di sekolah. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja pendidik, khususnya calon guru baik dalam segi kualitas maupun kuantitas. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan PPL dilaksanakan sejak tanggal 11 Agustus - 11 September 2015 yang berlokasi di SMP Negeri 1 Pakem. Secara keseluruhan fasilitas yang dimiliki SMP Negeri 1 Pakem ini sudah cukup lengkap, meskipun ada beberapa prasarana yang belum dimiliki seperti parkiran sepeda, ruangan media pembelajaran, dan kamar mandi baru. Selama praktik mengajar praktikan diberi tanggung jawab untuk mengampu kelas VIII dengan jumlah 2 kelas, dari 2 kelas dibagi menjadi 2 karena dari jurusan Pendidikan Matematika terdapat dua mahasiswa yang melakukan PPL di SMP Negeri 1 Pakem ini. Keterlibatan guru pembimbing, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL-PPL), dan peserta didik yaitu siswa-siswi SMP Negeri 1 Pakem akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Selama kegiatan PPL di SMP Negeri 1 Pakem, praktikan mengajar siswasiswi kelas VIII D. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Praktikan menyusun 5 buah RPP yang dimaksudkan untuk mempermudah dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Materi yang disampaikan mengenai aljabar, relasi dan fungsi. mengenai media yang akan digunakan, strategi pembelajaran yang dipilih, sistem penilaian yang akan digunakan dan hal-hal teknis lainnya. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih satu bulan di SMP Negeri 1 Pakem dapat dirasakan praktikan berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang pendidikan matematika yang diperoleh di bangku perkuliahan, praktikan dapat berlatih mengembangkan materi dan media sebagai sumber belajar siswa di kelas dan praktikan dapat menggunakan metode yang bervariasi sehingga siswa tidak jenuh untuk belajar matematika.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMP Negeri 1 Pakem
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Jul 2016 08:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36332

Actions (login required)

View Item View Item