LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 10 Agustus 2015 s.d. 12 September 2015 LOKASI SMP NEGERI 1 MINGGIR

Satya Ardi Yudha, Satya Ardi Yudha (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 10 Agustus 2015 s.d. 12 September 2015 LOKASI SMP NEGERI 1 MINGGIR. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Laporan SATYA ARDI YUDHA-1.rar

Download (6MB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan/menerapkan ilmu yang telah dipelajarinya di bangku perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan. PPL merupakan salah satu wadah untuk memberikan bakat mahasiswa kepada peserta didik. Mahasiswa yang mempunyai keahlian khusus dalam bidang tertentu dapat berbagi ilmu kepada peserta didik guna menambah pengetahuan peserta didik pada khususnya dan dapat memajukan kualitas sekolah pada umumnya. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan, mempersiapkan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsusng pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMPN 1 Minggir, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 10 Agustus 2015 hingga tanggal 12 September 2015. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 6 kali pertemuan, namun mahasiswa dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas lebih dari 6 kali pertemuan. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain observasi, ceramah, penugasan, dan tanya jawab. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media antara lain: gambar, video, slide powerpoint, beserta alat dan bahan yang digunakan dalam pembelajaran. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, diantaranya dalam pengelolaan kelas, peserta didik sulit untuk dikendalikan karena terlalu gaduh dan ramai. Akan tetapi hal ini bukanlah merupakan hambatan yang berarti, karena memang perkembangan anak usia SMP sedang dalam proses pubertas atau peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Selain pembelajaran di kelas juga ada kegiatan penunjang di luar kelas yaitu adanya seleksi tonti, pendampingan PASKIBRAKA pada acara Kemerdekaan RI ke-70, dan pendampingan drumband. Dalam pelaksaan tersebut mahasiswa PPL menjadi tahu tentang kegiatan sekolah dan penungjang siswa di luar jam KBM. Dengan adanya penunjang tersebut mahasiswa menjadi bisa menambah pengalamannya yang berguna untuk bekal di masa depan. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pengalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Hasil dari kegiatan PPL ini yaitu mahasiswa dapat memperoleh pengalaman yang nyata yang berkaitan dengan perancanaan pembelajaran, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Dengan tekat yang sungguh-sungguh kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses atas berkat kerjasama dan kerja keras dari smeua pihak. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP N 1 Minggir, Pembelajaran.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Jul 2016 06:32
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36297

Actions (login required)

View Item View Item