Perbedaan Keefektifan Pendekatan Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Ekspositori dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah, dan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Wates

Wardani, Hera Kusuma (2012) Perbedaan Keefektifan Pendekatan Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Ekspositori dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah, dan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Wates. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hera-kusuma-wardani-10708251005.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan keefektifan pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan metode observasi dengan pendekatan ekspositori menggunakan metode demonstrasi di SMA Negeri 2 Wates terhadap: (1) keterampilan proses sains. (2) sikap ilmiah, dan (3) prestasi belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 2 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dengan metode observasi dan pendekatan ekspositori dengan metode demonstrasi untuk keterampilan proses sains dan sikap ilmiah, uji awal-uji akhir untuk prestasi belajar. Data yang dikumpulkan berupa keterampilan proses sains, sikap ilmiah, dan peningkatan prestasi belajar. Data keterampilan proses sains dan sikap ilmiah melalui observasi menggunakan lembar observasi, sedangkan data peningkatan prestasi belajar dengan tes tertulis menggunakan soal pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan uji t dua sampel independent dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Keterampilan proses sains siswa menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dengan metode observasi lebih tinggi dibandingkan menggunakan pendekatan ekspositori dengan metode demonstrasi (pada taraf signifikansi α sebesar 0,0035). (2) Sikap ilmiah siswa menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dengan metode observasi lebih tinggi dibandingkan menggunakan pendekatan ekspositori dengan metode demonstrasi (pada taraf signifikansi α sebesar 0,000). (3) Peningkatan prestasi belajar biologi siswa menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dengan metode observasi lebih tinggi dibandingkan menggunakan pendekatan ekspositori dengan metode demonstrasi (pada taraf signifikansi α sebesar 0,003). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan inkuiri terbimbing dengan metode observasi memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan menggunakan pendekatan ekspositori dengan metode demonstrasi terhadap keterampilan proses sains, sikap ilmiah, dan peningkatan prestasi belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 2 Wates.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan inkuiri terbimbing, pendekatan ekspositori, keterampilan proses sains, sikap ilmiah, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2016 06:29
Last Modified: 29 Jan 2019 08:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36293

Actions (login required)

View Item View Item