LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Nama Lokasi: SMP Negeri 1 Minggir Alamat: Prayan, Sendangsari, Minggir, Sleman, Yogyakarta 10 Agustus s.d. 12 September 2015

Kurniani Oktaviani, Kurniani Oktaviani (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Nama Lokasi: SMP Negeri 1 Minggir Alamat: Prayan, Sendangsari, Minggir, Sleman, Yogyakarta 10 Agustus s.d. 12 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
KURNIANI OKTAVIANI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program yang harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Pelaksanaan PPL 2015 di SMP Negeri 1 Minggir mulai tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015. Kegiatan PPL terlaksana melalui tiga tahap utama, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih mahasiswa jurusan kependidikan untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran di sekolah. Mahasiswa jurusan kependidikan merupakan calon guru yang harus memahami karakter siswa di sekolah dan mampu menerapkan strategi pembelajaran yang efektif bagi siswa. Melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 1 Minggir, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari kepada siswa dan membangun karakter siswa agar siap menjadi guru yang berkualitas dan kompeten. Sebelum pelaksanaan praktik pengalaman lapangan terlebih dahulu melakukan observasi disekolah bermaksud untuk mengetahui kondisi pada saat mengajar di kelas, iklim mengajar, karakter siswa dan media pembelajaran yang digunakan. Kegiatan PPL dilaksanakan tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Mata pelajaran yang diampu praktikan adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII D dan VIII F. Di kelas VIII D dalam 1 kali tatap muka 3 jam pelajaran pada hari Selasa dan 2 jam pelajaran pada hari Kamis sedangkan di VIII F 1 kali tatap muka 3 jam pelajaran atau 2 jam pelajaran bergantian dengan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang lain. Manfaat kegiatan PPL ini dapat diambil pengalaman secara nyata untuk menjadi seorang guru yang baik dalam persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi. Selain itu, dengan adanya PPL ini, mahasiswa diharapkan mampu menghadapi siswa-siswa yang berbeda-beda karakternya dan menghadapi berbagai hambatan yang menghalang pada saat pembelajaran untuk menjadi guru yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Bahasa Indonesia, SMPN 1 Mingg
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Jul 2016 06:20
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36292

Actions (login required)

View Item View Item