LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Lokasi : SMK NEGERI 1 CANGKRINGAN Sintokan, Wukirsari, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta

Sigit Prabowo, Sigit Prabowo (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Lokasi : SMK NEGERI 1 CANGKRINGAN Sintokan, Wukirsari, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12504241031_Sigit Prabowo_ Pendidikan Teknik Otomotif.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1 Kependidikan, yang pelaksanaannya dilakukan di sebuah institusi pendidikan dalam hal ini sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang profesional. Kegiatan PPL ini juga bertujuan untuk menyiapkan dan membekali mahasiswa sebelum memasuki realita dunia kependidikan dan masyarakat. Kegiatan PPL ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Cangkringan, yang beralamatkan di Sintokan, Wukirsari, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Pada pelaksanaan PPL praktikan mengampu kelas XI TKR 1 dan X TKR 2 pada mata diklat “Dasar Kompetensi Kejuruan” dengan dua Standar Kompetensi yaitu; (1) Memahami proses-proses dasar pembentukan logam, dan (2) Menginterpretasikan gambar teknik. Pembelajaran ini dilaksanakan selama satu semester atau kurang lebih 14 kali pertemuan. Pembelajaran terbagi menjadi pembelajaran teori dan praktik. Namun berdasarkan jadwal yang ditentukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta maka KBM yang dilaksanakan mahasiswa praktikan selama 4 kali pertemuan. Mahasiswa dalam setiap minggunya mengampu dua kelas yang berbeda dengan 2 materi yang sama. Hasil kegiatan PPL ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama dalam mengajar di kelas dan penguasaan kelas, baik di kelas teori maupun di kelas praktik. PPL juga berfungsi untuk memberikan gambaran yang tepat tentang sejauh mana kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam melaksanakan proses mengajar ataupun dalam praktik kependidikan lainya sehingga mahasiswa dapat mengembangkan dengan lebih baik kemampuan dan keterampilannya tersebut. Pada pelaksanaan kegiatan PPL ini tidak terlepas dari hambatan-hambatan, namun hambatan tersebut dapat teratasi dengan manajemen yang lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: SMK N 1 Cangkringan, PPL 2015, Kompetensi, Logam, Gambar teknik, TKR.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Jul 2016 02:29
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36272

Actions (login required)

View Item View Item