PENERAPAN METODE SOSIODRAMA DALAM MEMBIMBING SISWA BERPERILAKU MAL-ADAPTIF PADA SEKOLAH DASAR NEGERI MINOMARTANI VI NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

Sri Rumini, Prof. Dra. PENERAPAN METODE SOSIODRAMA DALAM MEMBIMBING SISWA BERPERILAKU MAL-ADAPTIF PADA SEKOLAH DASAR NEGERI MINOMARTANI VI NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. INOTEK.

[img] Text
PUBLIKASI_INOTEK.rtf

Download (739kB)

Abstract

ABSTRAK Pada salah satu SD kelas 4, 5 dan 6 yang rata-rata setiap kelasnya berjumlah 30 siswa terdapat 3 sampai 4 siswa yang memerlukan perhatian khusus. Perhatian khusus yang dimaksud anak-anak tersebut terdapat potensi perilaku mal-adaptif. Indikator yang terlihat yaitu Mengucapkan kata-kata kasar, Memukul teman lain, Membuat gaduh saat PBM, Mengambil barang teman lain, Destruktif terhadap fasilitas sekolah. Perilaku mal-adaptif adalah perbuatan dari individu yang tidak mampu menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan keadaan sekeliling secara wajar. Misalnya yang bersangkutan memperlihatkan ketakutan, kecurigaan (paraoid), gangguan menilai realitas, gangguan dalam fungsi sosial dan pekerjaan. Perilaku maladaptif ini sering meninbulkan konflik, pertengkaran, tindak kekerasan dan perilaku antisosial lainnya terhadap orang-orang di sekelilingnya (Dadang Aswari;2007 dalam Wawasan Digitalmedia 3 Oktober 2007). Tahapan kemampuan kognitif anak menjadi acuan dalam memperlakukan anak sekolah dasar. Nilai sebagai acuan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan merupakan sesuatu yang maya. Sosiodrama sebagai proses terapi adalah bantuan dengan cara individu atau kelompok diberikan bentuk cerita tertentu untuk diperankan. Harapannya individu dapat mengambil makna dan pesan moral yang implisit maupun eksplisit dari cerita tersebut. Pendekatan ini dipilih karena dianggap sesuai dengan tigkat perkembangan siswa. Pola-pola hubungan stimulis-respon atau sebab-akibat dari suatu perbuatan akan secara realistis dapat dilihat dan dirasakan. Siswa diharapkan mendapatkan pemahaman dari terapi yang muaranya melakukan perubahan pada perilaku mal-adaptif yang nampak. Dari treatment yang diterapkan menunjukkan hasil bahwa Pelaksanaan teknis sosiodrama terlaksana 100%, Pesan moral sosiodrama yang diberikan pada siswa SD dapat terinternalisasi pada siswa dan dijadikan pertimbangan oleh siswa dalam menentukan perilaku normatif yang akan dilakukannya dimasa yang akan datang dan observasi guru menunjukkan terlihat sosiodrama memeberikan dampak penurunan dilakukannya perilaku mal-adaptif.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Date Deposited: 09 Aug 2012 03:49
Last Modified: 02 Oct 2019 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3626

Actions (login required)

View Item View Item