LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMA NEGERI 1 NGEMPLAK Cokrogaten, Bimomartani, Ngemplak, Sleman 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015

Rizky Purnawati, Rizky Purnawati (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMA NEGERI 1 NGEMPLAK Cokrogaten, Bimomartani, Ngemplak, Sleman 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RIZKY PURNAWATI.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya untuk memperoleh tenaga kependidikan yang berkualitas dan profesional. PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajajaran di sekolah ataiu lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran, meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga pendidikan. Pelaksanaan PPL di SMA N 1 Ngemplak dilaksanakan selama 5 minggu sejak tanggal 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015. Mahasiswa PPL jurusan Biologi mengampu tiga kelas yaitu masing-masing XA, XD, dan XI IPA 2 serta XB, XC, dan XI IPA 1. Penyusun bertanggung jawab dalam mengampu siswa-siswi kelas XA pada hari Rabu dan Jumat, kelas XD pada hari Senin dan Jumat, dan kelas XI IPA 2 pada hari Rabu, Kamis, dan Sabtu. Selain kegiatan mengajar, mahasiswa juga melakukan kegiatan non-mengajar berupa mendampingi kegiatan ekstrakurikuler Badminton dan Bola Voli, pembuatan Program Semester (Prosem), Peringatan HUT RI, Peringatan Hari Olahraga Nasional, Pengelolaan dan Inventarisasi Laboratorium Biologi, Pendampingan Tadarus, dan lain sebagainya. Hasil pelaksanaan PPL di SMA N 1 Ngemplak adalah mahasiswa dapat membuat administrasi guru dalam mengajar antara lain seperti program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran, rencana pelaksanaan harian, presensi siswa, analisis kriteria ketuntasan minimal, kisi-kisi soal, soal ulangan harian, buku informasi penilaian, daftar nilai hingga buku tugas terstruktur, tidak terstruktur, dan lain-lain. Selain itu mahasiswa juga melaksanakan tugas guru diluar kelas diantaranya sebagai guru piket kehadiran, dan pendamping ekstrakurikuler. Selama pelaksanaan PPL, mahasiswa melakukan praktik mengajar mata pelajaran Biologi sebanyak 11 x 45 menit jam pelajaran dalam satu minggu, dengan frekuensi tatap muka sebanyak ± 21 kali.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Biologi, mengajar, PPL UNY, SMA N 1 Ngemplak
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2016 09:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36245

Actions (login required)

View Item View Item