LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA N 1 NGEMPLAK

Fitria Eka Cahya Astuti, Fitria Eka Cahya Astuti (2015) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA N 1 NGEMPLAK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FITRIA EKA CAHYA ASTUTI.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2015 yang berlokasi di SMA Negeri 1 Ngemplak telah dilaksanakan oleh mahasiswa PPL pada tanggal 10 Agustus - 19 September 2014. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 25 mahasiswa dari 8 program studi, yaitu Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Ekonomi, PJKR, Pendidikan Geografi, Pendidikan Senirupa, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Bahasa Inggris. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidiakan yang professional. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, pembuatan LKS dan media pembelajaran, praktik mengajar, pembuatan soal ulangan harian, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 13 Agustus sampai 10 September 2015, dilakukan sebanyak 7 kali pertemuan di kelas X B dan 6 kali pertemuan X C, sedangkan kelas XI IPA 1 sebanyak 12 kali pertemuan. Adapun total jam pertemuan keseluruhan sebanyak 40 JP atau 30 jam. Materi yang diajarkan kepada peserta didik di dalam kelas meliputi; materi virus di kelas X dan struktur dan fungsi jaringan hewan di kelas XI IPA 1. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran. Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Selain itu, terdapat beberapa yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PPL mengenai ketidaktersediaan fasilitas yang lengkap untuk menunjang kegiatan pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Biologi, Pembelajaran, PPL,
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2016 08:43
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36235

Actions (login required)

View Item View Item