LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 NGEMPLAK LOKASI SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BIMOMARTANI, NGEMPLAK, SLEMAN YOGYAKARTA 10 Agustus-19 September 2015

Damas Prastiyan, Damas Prastiyan (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 NGEMPLAK LOKASI SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BIMOMARTANI, NGEMPLAK, SLEMAN YOGYAKARTA 10 Agustus-19 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DAMAS PRASTIYAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu sarana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Untuk itu, kegiatan tersebut tentu saja bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta PPL untuk mempraktikan teori-teori yang telah diperoleh selama di kampus dan memberikan pengalaman kepada peserta PPL dalam pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tempat yang menjadi lokasi program PPL ini adalah di SMA Negeri 1 Ngemplak, yang terletak di Jalan Jangkang-Manisrenggo km 2,5 Bimomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Pelaksanaan PPL UNY yang dimulai dari 10 Agustus-19 September2015. Penulis berkesempatan melaksanakan PPL yang bertempat di SMA Negeri 1 Ngemplak, praktik mengajarkan materi Sejarah kelas XA, XD, XI IPA 2, XI IPS 1, XII IPS 1, XII IPA 2 semester gasal. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan RPP dan materi mengajar sekaligus pembuatan perangkat administrasi guru. Setiap kali praktek mengajar di lapangan praktikan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa. Hasil dari pelaksanaan PPL di SMA Negeri 1 Ngemplak, antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan UNY. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Ngemplak, Mahasiswa berkesempatan mengajarkan Ilmu Sejarah yang didapat dan diberikan kepada siswa agar mereka tahu betapa pentingnya belajar sejarah dalam kehidupan. Banyak siswa yang mengikuti dengan baik, ada juga siswa yang kurang bisa mengikti, tapi kebanyakan masih bisa dikondisikan dengan baik. Kegiatan PPL yang paling mendalam dalam hal ini ialah untuk melatih diri sebagai para calon guru. Siswa yang menjadi sasaran bersikap baik dan guru pembimbing mampu membina mahasiswa PPL dengan baik. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa dapat pengalaman yang nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Individu, PPL, Sejarah, Pelaksanaan, Hasil
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2016 08:31
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36230

Actions (login required)

View Item View Item