LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMA N 1 NGEMPLAK

Afnita Miftafaroh, Afnita Miftafaroh (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMA N 1 NGEMPLAK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
AFNITA MIFTAFAROH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan SMA N 1 Ngemplak Sleman terletak di Jl. Jangkang-Manisrenggo Km 2,5 Bimomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh Mahasiswa UNY. Tujuan yang ingin dicapai dari program PPL adalah memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dimulai sejak tanggal 10 Agustus 2015 (tahun ajaran baru 2015/2016). Sebelum melakukan PPL, mahasiswa mengadakan observasi di SMA N 1 Ngemplak. Observasi tersebut dilaksanakan pada 24 April 2015 dan minggu pertama PPL. Observasi tersebut meliputi observasi sekolah dan juga terhadap pembelajaran di dalam kelas, praktikan juga berusaha mencari informasi dari guru mata pelajaran kimia mengenai kondisi dan potensi siswa, fasilitas pendukung dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dan juga faktor penghambat yang sering ditemui ketika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung. Berdasarkan hasil observasi tersebut, mahasiswa melakukan konsultasi terhadap DPL PPL untuk menindaklanjuti pembuatan RPP dan program kerja yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah. Pada kegiatan PPL di SMA N 1 Ngemplak ini, mahasiswa mengajar di kelas XA, XB, XC dan XI IPS 1. Untuk masing-masing kelas, mahasiswa mendapat kesempatan mengajar selama 2 jam pelajaran untuk kelas X dan 4 jam pelajaran untuk kelaas XI setiap pekan. Selain praktik mengajar, mahasiswa juga belajar rmembuat perangkat pembelajaran yang memberikan banyak pengalaman dan manfaat sebagai calon guru Sosiologi. Program kerja yang dilakukan oleh praktikan untuk mendukung kegiatan pembelajaran adalah pembuatan RPP dan Pembuatan soal-soal ulangan harian. Adapun program kerja lainnya yaitu piket sekolah, perayaan HUT ke-70 RI, perayaan HAORNAS, dan pendampingan ekstrakurikuler

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Observasi, Program
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2016 08:16
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36223

Actions (login required)

View Item View Item