PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN METODE TREASURE HUNT PADA SISWA KELAS X PM 2 DI SMK NEGERI 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2015/2016

Swandhita Hutomo, Raka (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN METODE TREASURE HUNT PADA SISWA KELAS X PM 2 DI SMK NEGERI 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
RAKA SWANDHITA HUTOMO_SKRIPSI_12804244015_PDF.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar ekonomi melalui penerapan model pembelajaran Treasure Hunt (Berburu Harta Karun) pada siswa kelas X PM 2 SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru mata pelajaran yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X PM 2 SMK Negeri 1 Pengasih yang berjumlah 32 siswa. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila 75% siswa aktif terlibat dalam pembelajaran dan juga terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa dari sebelum tindakan (pre test) ke setelah tindakan (post test) pada setiap siklusnya dan apabila 75% siswa dapat mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah yaitu 75. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Treasure Hunt dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas X PM 2 SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2015/2016 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan skor pada setiap indikator aktivitas belajar ekonomi dari siklus I ke siklus II serta peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar ekonomi dari siklus I sebesar 52,80% menjadi 83,58% pada siklus II dan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I yaitu 11 siswa atau sebesar 34,37% yang mencapai nilai KKM menjadi 28 siswa atau sebesar 87,5% yang mencapai nilai KKM pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:02
Last Modified: 30 Jan 2019 09:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36221

Actions (login required)

View Item View Item