PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA, MANAJEMEN WAKTU, DAN SELF-EFFICACY TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 1 KARANGANOM KLATEN

Isnaini Rahmawati, Meilina (2016) PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA, MANAJEMEN WAKTU, DAN SELF-EFFICACY TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 1 KARANGANOM KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_MEILINA ISNAINI_12804244037.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendapatan orang tua, manajemen waktu, dan self-efficacy terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Karanganom Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Variabel penelitian ini adalah tingkat pendapatan orang tua, manajemen waktu dan self-efficacy. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Karanganom Klaten sebanyak 86 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi ganda. Dari hasil penelitian menunjukkan secara parsial: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan tingkat pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi ditunjukkan nilai thitung sebesar 2,641, koefisien regresi (b1) sebesar 0,001 dan nilai signifikansi sebesar 0,010 (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan manajemen waktu terhadap prestasi belajar ekonomi ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 2,162, koefisien regresi (b2) sebesar 0,161 dan nilai signifikansi sebesar 0,034 (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan self-efficacy terhadap prestasi belajar ekonomi ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 3,275, koefisien regresi (b3) sebesar 0,278 dan nilai signifikansi sebesar 0,002 (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan tingkat pendapatan orang tua, manajemen waktu, dan self-efficacy terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,318 atau 31,8% dapat diartikan bahwa 31,8% prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh tingkat pendapatan orang tua, manajemen waktu, dan self-efficacy, sedangkan sisanya sebesar 68,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi Mikro
Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:02
Last Modified: 30 Jan 2019 09:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36188

Actions (login required)

View Item View Item