LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Nama Lokasi: SMP N 1 NGAGLIK Alamat: Kayunan Donoharjo,Donoharjo,Naglik, Sleman, Yogyakarta 10 Agustus s.d. 12 September 2015

Fitria Dewi Ratnasari, Fitria Dewi Ratnasari (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Nama Lokasi: SMP N 1 NGAGLIK Alamat: Kayunan Donoharjo,Donoharjo,Naglik, Sleman, Yogyakarta 10 Agustus s.d. 12 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Untitled.pdf

Download (555kB) | Preview

Abstract

Program PPL ( Praktik Pengalaman Lapangan ) berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan khususnya pada Bab V Pasal 26 Ayat 4 yang berbunyi “ Standar kompetensi lulusan pada jenjang pendidikan tinggi bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang berakhlak mulia memiliki pengetahuan, ketrampilan, kemandirian, dan sikap untuk menemukan, mengembangkan, serta menerapkan ilmu, teknologi, dan seni yang bermanfaat bagi kemanusiaan”. Berdasar Peraturan Pemerintah diatas maka pelaksanaan PPL ini sebagai salah satu mata kuliah wajib yang diselengarakan di UNY . salah satu tempat tujuan PPL tahun ini adalah SMP N 1 Ngaglik yang beralamat di Kayunan Donoharjo, Donoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Pelaksanaan PPL sendiri dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus – 12 September 2015. Kegiatan PPL dilaksanakan melalui observasi hingga pelaksanaan persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Persiapan mengajar meliputi pembuatan RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ), pencarian dan penyusunan bahan ajar, rundown mengajar dan konsultasi dengan guru pembimbing. Setelah RPP disetujui oleh guru maka pelaksanana pembelajaran dilaksanakan di kelas VII E dan VII F. setelah proses pembelajaran maka diadakan evaluasi hasil belajar . kegiatan lain yang kami lakukan adalah melakukan salam – salaman dengan peserta didik pada pagi sebelum bel masuk,piket harian,mengikuti upacara bendera, acara jum’at bersih, tadarus setiap hari selasa dan kamis, dan berpartisipasi dalam acara keistimewaan DIY. Dengan adanya pengalaman PPL ini diharapkan mahasiswa mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yahg professional. Hasil dari PPL ini dapat dirasakan sendiri oleh mahasiswa khususnya dan sekolah pada umumnya. Keuntungan yang dirasakan mahasiswa adalah menerapkan ilmu yang didapat dari kampus dan mengkolaborasi dengan guru pembimbing. Serta hasil yang dirasakan oleh sekolah adalah adanya variasi mengajar oleh kami mahasiswa PPL dan guru pembimbing. Tentunya kegiatan ini tidak terlepas dari hambatan. Akan tetapi hambatan tersebut dapat diatasi dengan adanya semangat dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Program PPL ( Praktik Pengalaman Lapangan ) , SMP N 1 Ngaglik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2016 07:00
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36183

Actions (login required)

View Item View Item