Lamanepa, Godelfridus Hadung (2016) Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Fisika Model Problem Based Learning dalam Kegiatan Laboratorium untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Peserta Didik SMA. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-godelfridus-hadung-lamanepa-14726251034.swf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan SSP fisika model PBL dalam kegiatan laboratorium yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika di SMA, (2) mengetahui efektivitas SSP fisika model PBL dalam kegiatan laboratorium terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMA, dan (3) mengetahui efektivitas SSP fisika model PBL dalam kegiatan laboratorium terhadap peningkatan motivasi belajar fisika peserta didik SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Langkah pengembangan meliputi: (1) define, (studi pendahuluan, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep), (2) design, (penyusunan draf SSP), (3) develop, (validasi, uji coba terbatas, uji coba luas) dan (4) desseminate. Produk yang dikembangkan berupa RPP, handout, dan LKPD beserta instrumen penelitian. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X3 dan X5 SMA Giovani Kupang. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar validasi SSP, lembar observasi, lembar tes kemampuan pemecahan masalah dan angket motivasi belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan uji beda dengan manova pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) SSP fisika model PBL dalam kegiatan laboratorium yang dikembangkan terdiri dari RPP, handout, LKPD, tes pemecahan masalah serta angket motivasi belajar berdasarkan penilaian ahli, guru fisika, dan teman sejawat serta melalui uji coba luas dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran fisika di SMA Giovani Kupang. (2) SSP fisika model PBL dalam kegiatan laboratorium yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik di SMA Giovani Kupang. (3) SSP fisika model PBL dalam kegiatan laboratorium yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMA Giovani Kupang
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SSP fisika, problem based learning, kemampuan pemecahan masalah, motivasi belajar |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 12 Jul 2016 07:05 |
Last Modified: | 09 May 2019 07:21 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36182 |
Actions (login required)
View Item |