LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Nama Lokasi: SMP N 1 NGAGLIK Alamat: Kayunan Donoharjo,Donoharjo,Naglik, Sleman, Yogyakarta 10 Agustus s.d. 12 September 2015

Adi Setiawan, Adi Setiawan (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Nama Lokasi: SMP N 1 NGAGLIK Alamat: Kayunan Donoharjo,Donoharjo,Naglik, Sleman, Yogyakarta 10 Agustus s.d. 12 September 2015. laporan ppl.

[img]
Preview
Text
Untitled.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan perpaduan kegiatan yang bertujuan untuk 1) mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan, 2) mengembangkan potensi mahasiswa dalam pembelajaran teori, 3) mengembangkan potensi mahasiswa dalam praktik pembelajaran, 4) mengembangkan potensi mahasiswa dalam membuat perangkat pembelajaran yang berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan evaluasi. PPL memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan secara profesional, maka pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PPL UNY 2015 adalah SMP N 1 Ngaglik yang beralamat di Kayunan Donoharjo, Donoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus - 12 September 2015. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas VII B. Selain itu, praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), piket di ruang piket, piket di ruang UKS, dan lain-lain. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih satu bulan di SMP N 1 Ngaglik ini dapat dirasakan hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang pendidikan matematika yang diperoleh di bangku perkuliahan. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi hambatan tersebut dapat diatasi dengan adanya semangat dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak yang terkait.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMP N 1 Ngaglik
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 12 Jul 2016 06:43
Last Modified: 12 Jul 2016 06:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36173

Actions (login required)

View Item View Item